Daerah Selasa, 01 Maret 2022 | 17:03

Bupati Abdya Beberkan 5 Sektor Paling Banyak Serap APBK

Lihat Foto Bupati Abdya Beberkan 5 Sektor Paling Banyak Serap APBK Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Akmal Ibrahim saat meresmikan jembatan terpanjang Selasa, 1 Maret 2022. (foto: Opsi/Syamsurizal).

Aceh Barat Daya - Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Akmal Ibrahim membeberkan sektor paling banyak menyerap Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK). Untuk Samira (Sawit Ini Hanya Milik Rakyat) menjadi nomor satu.

"Untuk Samira paling besar. Samira saya namai sejak tahun 2007 dan ini adalah program kesejahteraan rakyat yang sengaja saya gagas," kata Bupati Akmal di Abdya, Selasa, 1 Maret 2022.

Bupati Akmal mengatakan hal tersebut dalam sambutannya saat meresmikan jembatan terpanjang di Kabupaten Abdya. 

Baca juga: Bupati Akmal: Jembatan Terpanjang di Abdya Ini Utang Terberat Saya

Kemudian, sektor kedua adalah untuk program `Aspal Hotmix` Kabupaten Abdya. Untuk program ini sedikitnya APBK dikucurkan sebanyak Rp 30 miliar.

"Makanya, banyak jalan-jalan desa dan kabupaten sudah diaspal hotmix. Bahkan saat ini sudah 90 persen jalan-jalan desa sudah diaspal hotmix," ucapnya.

"Serapan ketiga, untuk infrastruktur dan bibit untuk kebutuhan lahan pegunungan masyarakat," kata Akmal lagi.

Baca juga: Bupati Akmal Resmikan Jembatan Terpanjang di Aceh Barat Daya

Selanjutnya, serapan terbanyak untuk persawahan, seperti pembuatan irigasi, alat pertanian dan banyak kebutuhan pertanian lain, juga penggalian rawa yang berkesinambungan sehingga Abdya terhindar dari banjir.

"Terakhir untuk Masjid Agung Abdya. Inilah urutannya, sementara yang lain, itu serapannya kecil-kecil. Maka sedari periode pertama menjabat saya bekerja dengan konsep dan pedoman yang jelas," ucap Bupati Abdya Akmal Ibrahim. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya