Daerah Selasa, 01 Maret 2022 | 16:03

Bupati Akmal Resmikan Jembatan Terpanjang di Aceh Barat Daya

Lihat Foto Bupati Akmal Resmikan Jembatan Terpanjang di Aceh Barat Daya Bupati Abdya Akmal Ibrahim didampingi wakil dan pejabat lainnya saat meresmikan jembatan, Selasa, 1 Maret 2022. Foto: Opsi/Syamsurizal.

Aceh Barat Daya - Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Akmal Ibrahim, meresmikan jembatan terpanjang di kabupaten tersebut. Panjang jembatan rangka baja ini adalah 160 meter, yang membentang di atas sungai Desa Desa Cot Seumantok, Kecamatan Babahrot.

Bupati Akmal dalam sambutannya mengaku sangat bangga dan bersyukur proses pengerjaan jembatan yang merupakan salah satu janjinya kepada masyarakat setempat saat berkampanye dapat terwujud dan bisa selesai dikerjakan tepat waktu.

"Terima kasih untuk semua pihak. Ini adalah salah satu bukti Allah SWT merahmati Abdya. Jembatan terpanjang di Abdya, yakni 160 meter dan di Barat Selatan Aceh nomor dua setelah Aceh Singkil akhirnya siap dibangun," kata Bupati Akmal di Abdya, Selasa, 1 Maret 2022.

Bupati Abdya Akmal Ibrahim didampingi wakil dan pejabat lainnya saat memotong pita tanda peresmian jembatan, Selasa, 1 Maret 2022. (foto: Opsi/Syamsurizal).

Akmal berujar, bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) sebanyak Rp 37 miliar lebih jembatan ini selesai dikerjakan tanpa ada sedikitpun gesekan. Artinya, pembangunan jembatan ini memang suatu kebutuhan dan dibangun atas dasar permintaan masyarakat.

"Sangat banyak kemudahan. Pertama terpangkas jarak tempuh 13 Kilometer dari sebelumnya warga Desa Cot Seumantok jika ingin ke pasar kecamatan harus menempuh jarak 13 kilometer, sekarang hanya 1 kilometer," ujarnya.

Akmal berkata, dengan adanya jalan ini diyakini dapat mendongkrak ekonomi masyarakat. Contohnya, ongkos untuk angkutan produksi sawit yang tentunya turun. Sebab, jaraknya tidak lagi seperti sebelum adanya jembatan. Hal ini tentu di sisi bersamaan meningkatkan pendapatan masyarakat setiap kali panen.

"Dalam satu hari berapa ton sawit yang melintasi jembatan ini. Yang pasti lebih besar dari anggaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK)," ucap Bupati Akmal. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya