Daerah Minggu, 21 Agustus 2022 | 19:08

Bupati dan Wali Kota di Barsela Keroyokan Bangun Perekonomian Masyarakat

Lihat Foto Bupati dan Wali Kota di Barsela Keroyokan Bangun Perekonomian Masyarakat Pj Bupati Aceh Jaya saat menandatangani kesepakatan bersama terkait Progres Barsela di Abdya. (Foto: Opsi/Syamsurizal).
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Bupati, Penjabat (Pj) bupati dan Wali Kota di Barat Selatan Aceh (Barsela) keroyokan dan satu suara demi kemajuan perekonomian masyarakat di daerah itu.

Langkah yang sedang di garap adalah melaksanakan pertemuan bersama dengan Bupati, Pj Bupati, Wali Kota dan pihak terkait di pemerintah Provinsi Aceh di Pendopo Bupati Abdya, Minggu, 21 Agustus 2022.

Penjabat Bupati (Pj) Kabupaten Aceh Jaya, Nurdin, selaku pengagas ide progres Barsela ini mengatakan, membangun koridor ekonomi di Barsela terlebih usai Covid-19 harus dilakukan secara bersama-sama atau regional development.

"Harus dilakukan bersama-sama sehingga potensi yang ada bisa kita kolaborasikan dalam satu kawasan pusat pertumbuhan ekonomi baru," kata Nurdin, Minggu, 21 Agustus 2022 di Pendopo Bupati Abdya.

Dia mengatakan, hasil kesepakatan bersama dengan Bupati, Wali Kota dan Pj Bupati dalam wilayah Barsela telah melahirkan 17 butir kesepahaman, salah satunya membentuk badan kerja sama Barsela dengan Sekretarian UTU Meulaboh Aceh Barat dengan iuran tetap dari masing-masing anggota, serta melaksanakan pertemuan secara reguler.

"Mendorong hadirnya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Barsela. Juga mendorong terbitnya kerangka regulasi percepatan pertumbuhan Koridor Ekonomi Barsela (inpres/pergub)," ucapnya.

Selain itu, katanya, perhatian juga kepada percepatan pembangunan RSU regional di Meulaboh dan Tapaktuan. Kemudiam, memperkuat UTU sebagai pusat riset penanggulangan kemiskinan, pendidikan, penelitian dan pusat think tank Koridor Ekonomi Barsela.

"Juga penyelesaian dan pengusulan proyek strategis Barsela termasuk jalan penghubung antar kabupaten/kota atau ke Provinsi Sumatera Utara seperti peningkatan jalan Gelombang-Muara Situlen," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya