Daerah Kamis, 15 September 2022 | 20:09

Bupati Eddy Berutu Resmikan Kampung Pancasila di Dairi

Lihat Foto Bupati Eddy Berutu Resmikan Kampung Pancasila di Dairi Bupati Dairi Eddy Berutu. (Foto: Pemkab Dairi)
Editor: Tigor Munte

Dairi - Kampung Pancasila wilayah Kodim 0206/Dairi di Desa Sumbul Tengah, Kecamatan Tigalingga diresmikan oleh Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu pada Rabu, 14 September 2022.

Peresmian Kampung Pancasila tersebut turut dihadiri Pabung Kodim 0206/Dairi Mayor Manurung, Kapolsek Tigalingga AKP SP Siringoringo, Camat Tigalingga Untung Nahampun, serta Kepala Desa Sumbul Tengah Sahma Diamasi Pasaribu.

Bupati Dairi Eddy Berutu mengatakan, tidak banyak kampung yang dipilih menjadi Kampung Pancasila. Namun Desa Sumbul Tengah menjadi salah satu yang terpilih.

Proses seleksi tentunya dilakukan oleh Kodim Dairi, untuk memilih kampung yang sesuai untuk merepresentasikan Pancasila, ada kerukunan, ketaqwaan, serta musyawarah kerakyatan.

"Kami sangat senang untuk meresmikan dan memberikan marwah itu kepada masyarakat. Masyarakat sangat gembira, kami juga bangga di daerah ini ada representasi dari Pancasila. Banyak orang yang ingin menghancurkan Pancasila, banyak yang ingin mengadu domba, hal kecil harus dimusyawarahkan. Selamat kepada Desa Sumbul Tengah yang ditunjuk untuk merepresentasikan Pancasila," ujar Bupati.

Selain meresmikan Kampung Pancasila, Bupati Eddy Berutu didampingi Kepala Bappeda Charles Bancin membagikan BLT dana Covid-19 kepada masyarakat yang membutuhkan. Bupati juga membagikan bantuan sembako untuk warga lansia.

Pabung Kodim 0206/Dairi Mayor Manurung mengatakan, Desa Sumbul Tengah dipilih karena menjadi yang terbaik di Tigalingga. 

Baca juga:

Layanan Administrasi Kependudukan Sampai Ke Desa-Desa Harus Terus Dilakukan

Mayor Manurung menegaskan, agar jangan sampai membiarkan ada organisasi yang coba merusak bangsa, sebaliknya semua pihak harus menjaga bangsa ini.

"TNI memiliki berbagai program di antaranya ketahanan pangan, dan program air bersih. Hadirnya Kampung Pancasila diharapkan akan mampu membangun jiwa kebangsaan," ujarnya.

Kesempatan itu, Kepala Desa Sumbul Tengah Sahma Diamasi Pasaribu menyampaikan beberapa usulan kepada Bupati Dairi di antaranya penyediaan air bersih yang telah diusulkan ke Dinas PUTR Dairi kiranya dapat terealisasi.

Desa ini kata dia, sangat membutuhkan air bersih. Selain itu, kepala desa juga menyampaikan permohonan agar kiranya jalan menuju desanya dapat diperbaiki.

Bupati Eddy merespons, menyebut soal perbaikan jalan dalam waktu dekat tim dari Dinas PU akan turun melakukan survei untuk melihat jalan dan untuk survei penyediaan air bersih.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya