Daerah Selasa, 27 September 2022 | 12:09

Bupati Eddy Berutu Tanam Kopi bersama Petani Sidikalang

Lihat Foto Bupati Eddy Berutu Tanam Kopi bersama Petani Sidikalang Bupati Dairi Eddy Berutu menanam kopi bersama petani, Senin, 26 September 2022. (Foto: Pemkab Dairi)
Editor: Tigor Munte

Dairi - Dinas Pertanian Kabupaten Dairi melaksanakan pencanangan penanaman kopi di Desa Huta Rakyat, Kecamatan Sidikalang pada Senin, 26 September 2022.

Pencanangan ini dirangkai dengan penyerahan alat mesin pertanian (alsintan), penyerahan bibit bawang, serta pembagian benih ikan kepada para petani Kecamatan Sidikalang.

Bupati Eddy Berutu menyampaikan rasa bangga pada petani yang telah mengizinkan lahannya untuk pertanian tanaman bawang sebagai percontohan. 

Dia mengatakan, petani merupakan profesi penting karena apa yang dihasilkan bermanfaat bagi orang banyak.

Hanya saja dia mengingatkan, ada perubahan terjadi di sektor pertanian, mulai dari perubahan cuaca, teknologi, bahkan perang pun ikut mempengaruhi sektor ini.

Baca juga:

Sejarah Singkat Kabupaten Dairi

“Kabupaten Dairi mengambil inisiatif meminta ke pusat untuk ditunjuk menjadi pusat pertanian terpadu. Dan inilah salah satu yang kita lakukan. Jadi saya mohon dukungan semua petani, karena kita sedang digalakkan 1.400 hektare lahan untuk pertanian hortikultura, di mana 400 hektare diantaranya ada di Parbuluan,” kata dia.

Pencanangan penanaman klaster kopi di Kecamatan Sidikalang disebutnya, sebagai embrio menciptakan petani tangguh dan mandiri dengan swadaya.

Karena pemerintah sudah membentuk ekosistem agar masyarakat memperluas pertanian dimana sumber permodalan telah disediakan melalui para mitra termasuk off taker.

“Selama ini bantuan kita adalah pupuk subsidi, tapi di semua daerah pupuk subsidi ini memang cukup sulit. Untuk itu pemerintah pusat mengalihkannya pada pemberian kredit bunga perbankan dengan bunga rendah 3 persen per tahun. PPL dan teknologi secara perlahan diimplementasikan. Itulah agri unggul melalui pertanian terpadu dan terintegrasi,” katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya