Daerah Sabtu, 16 Juli 2022 | 09:07

Bupati Gayo Lues Siap Sediakan 200 Hektare Lahan untuk Tanam Ganja

Lihat Foto Bupati Gayo Lues Siap Sediakan 200 Hektare Lahan untuk Tanam Ganja Bupati Gayo Lues Muhammad Amru. (Foto: Opsi/Pemkab Gayo Lues)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Pemerintah Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh mendukung upaya legalisasi ganja khususnya untuk medis yang saat ini sedang diupayakan oleh sejumlah pihak.

Sebagai bentuk dukungan, Pemerintah Kabupaten Gayo Lues siap menyediakan lahan seluas 200 hektare untuk penanaman ganja andai tanaman ini legal demi kepentingan medis.

Hal ini seperti di utarakan, Bupati Gayo Lues Muhammad Amru. Menurut dia, sebagai daerah yang berada di wilayah dataran tinggi, pihaknya sangat mendukung upaya legalisasi ganja khususnya untuk medis.

"Kita sangat mendukung, dengan catatan harus ada regulasi yang jelas dan ada kepastian hukum tentang legalitasnya dan kepentingannya hanya untuk bahan obat-obatan medis," kata Amru dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 15 Juli 2022.

Lanjutnya, Pemkab Gayo Lues menyediakan lahan untuk riset atau sebagai kebutuhan medis nantinya.

Untuk saat ini, andai kata legalitas ganja untuk medis terwujud, Pemerintah Kabupaten Gayo Lues siap menyediakan lahan 200 hektare untuk riset.

Katanya, jauh sebelum isu legalisasi ganja medis ini kembali ramai dibicarakan, sikap dukungannya itu juga pernah disampaikan beberapa tahun lalu kepada Anggota DPR RI dari Fraksi PKS asal Aceh, Rafli.

"Saya juga sudah sering menyampaikan persoalan legalitas ganja untuk kepentingan medis di sejumlah forum tertutup,” sebutnya.

Lanjutnya, pihaknya sangat siap memberikan tempat sebagai bentuk dukungan atas upaya DPR RI, Pemerintah Pusat dan MUI yang mempertimbangkan legalisasi ganja medis dalam proses revisi Undang-undang tentang Narkotika.

"Pemerintah Gayo Lues siap menyediakan lahan untuk kepentingan riset," katanya lagi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya