Daerah Selasa, 26 April 2022 | 21:04

Bupati Simalungun Minta Aparatnya Tanamkan Rasa Malu

Lihat Foto Bupati Simalungun Minta Aparatnya Tanamkan Rasa Malu Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga. (Foto: Facebook)
Editor: Tigor Munte

Simalungun - Pemerintah Kabupaten Simalungun menerapkan absensi berbasis Android kepada aparaturnya. Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga meminta penggunaan teknologi demi mendukung kinerja aparatur.

Terungkap saat Kepala BKPPD Simalungun Sudiahman Saragih menyampaikan laporan dalam kegiatan sosialisasi perbaikan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) ASN sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 6 Tahun 2022 di Balei Harungguan Djabanten Damanik, Pamatang Raya, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara, Selasa, 26 April 2022.

Sudiahman menyebut, peserta yang mengikuti sosialisasi TPP dan penggunaan aplikasi absensi terdiri dari para pimpinan OPD, camat, lurah, kapus, Dirut RSUD dan UPT lainnya se-Kabupaten Simalungun. 

"Pelaksanaan telah dilaksanakan 13 April 2022 dan absen bulan Januari sampai Maret sudah terverifikasi," kata Sudiahman.

Terhadap ketidakhadiran pegawai, disarankan masing-masing OPD memberikan tindakan dan peringatan sesuai PP 94 tentang Kedisiplinan Pegawai.

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menyampaikan, kehadiran dan kedisiplinan merupakan embrio militansi dalam mengabdi kepada negara. 

Dia meminta para ASN menanamkan rasa malu di dalam diri masing-masing ketika tidak disiplin dalam melaksanakan tugas.

Baca juga:

Bupati Simalungun Ingatkan Pegawai RSUD Bekerja dengan Baik

"Kita harus menanamkan rasa malu atas tidak kedisiplinan kita, dan ini juga untuk mencegah terjadi kecemburuan sosial di lingkungan OPD. Ini merupakan peraturan pemerintah yang akan kita terapkan di pemerintah daerah," katanya.

Dia menginginkan peraturan tentang disiplin pegawai diterapkan di unit kerja masing-masing OPD. 

"Kepada para pimpinan OPD agar melaksanakan apa yang sudah saya tugaskan sesuai wewenang yang saya berikan, dan saya akan evaluasi setiap pekerjaan bapak ibu sekalian," tukasnya.

"Kerjakan apa yang menjadi tugas kita dan lakukan pengabdian tanpa rasa takut dan merasa  terbebani. Karena saya mengangkat bapak ibu tanpa beban apapun," katanya kemudian.

Terkait absensi berbasis Android, dia mengatakan Pemkab Simalungun akan terapkan itu demi menunjang kinerja.

"Kita akan memanfaatkan teknologi yang ada untuk kemajuan kita di Simalungun ini," sebutnya.

Dengan penerapan absensi berbasis Android, Bupati Radiapoh mengajak para ASN untuk melihat bahwa hal itu sebagai kemajuan dan bukan beban dalam meningkatkan kinerja dan pengabdiannya kepada Pemerintah Kabupaten Simalungun. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya