Daerah Rabu, 25 Mei 2022 | 21:05

Bupati Simalungun Sebut BPJS Kesehatan Kurang Edukasi Manfaat ke Masyarakat

Lihat Foto Bupati Simalungun Sebut BPJS Kesehatan Kurang Edukasi Manfaat ke Masyarakat Kartu BPJS Kesehatan. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Simalungun - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menyampaikan kepada pihak BPJS Kesehatan harus memiliki edukasi kepada masyarakat. Bahwa BPJS itu benar-benar bermanfaat. Karena selama ini masyarakat menganggap BPJS sejenis asuransi. 

"Jadi harus benar-benar ada pemahaman untuk masyarakat. Persoalan data juga harus jelas. Kami sudah berkoordinasi dengan BPS soal data kependudukan di Simalungun. Data ini juga sering menjadi persoalan," kata Bupati Radiapoh saat menerima Kepala Cabang BPJS Pematangsiantar dan Kepala BPS Simalungun, Rabu, 25 Mei 2022.

"Ke depannya kami akan terapkan one data. Kami minta juga kepada masyarakat agar memberikan keterangan yang sebenarnya kepada petugas yang melaksanakan sensus nantinya di lapangan," katanya kemudian.

Lebih jauh dia berharap, harus ada publikasi yang mendidik masyarakat soal santunan yang bisa diberikan.

Contohnya pemberian santunan kepada ahli waris sebesar Rp 42 juta dari BPJS Ketenagakerjaan pada saat launching tapping box dan Sumut Link yang dirangkaikan dengan event funbike.

Baca juga:

Bupati Simalungun Larang Ternak Babi, Kerbau, dan Sapi Masuk ke Daerahnya

"Banyak hal yang harus dibenahi di Simalungun. Dari infrastruktur kesehatan dan lain-lainnya. Jadi ini perlu kerja sama kita semua. Kita ciptakan di Simalungun ini sebuah destinasi kesehatan," katanya.

Disebutnya, ketika ada kondisi gawat darurat maka masyarakat datang ke rumah sakit di Kabupaten Simalungun.

"Sehingga masyarakat itu lebih mengenal rumah sakit daerah kita dan ini juga harus dibarengi kualitas pelayanan sarana yang sedang kami benahi," imbuhnya.

Kedatangan Kepala Cabang BPJS Kesehatan Pematangsiantar dan Kepala BPS Simalungun terkait permohonan pembuatan video testimoni dalam dukungan program JKN-KIS.

Kacab BPJS Kesehatan Pematangsiantar dr Kiki Christina Marbun berharap dukungan Pemkab Simalungun dalam pelaksanaan program jaminan kesehatan Nasional JKN-KIS BPJS Kesehatan.

Dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, khususnya warga Kabupaten Simalungun. 

"Jadi kami berharap Pemerintah Kabupaten Simalungun juga dapat membantu dan mendukung terlaksananya program ini," kata Kiki. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya