News Senin, 04 Juli 2022 | 19:07

Cak Imin Minta Zulkifli Hasan Segera Cari Solusi untuk Menstabilkan Harga Pangan

Lihat Foto Cak Imin Minta Zulkifli Hasan Segera Cari Solusi untuk Menstabilkan Harga Pangan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. (foto: ist).

Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar alias Cak Imin meminta Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan segera mencari solusi untuk menstabilkan harga pangan yang saat ini melonjak menjelang Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah.

"Pemerintah harus segera mencari formula dan solusi mengatasi kenaikan harga kebutuhan pokok, bagaimana menstabilkan harga-harga barang di pasar menjelang Idul Adha," kata Cak Imin seperti mengutip keterangan tertulisnya, Senin, 4 Juli 2022.

Dia menegaskan, perlu segera dicarikan solusi cepat untuk mengatasi kenaikan harga-harga bahan pokok yang menjadi tuntutan masyarakat.

Selain itu, ia juga mengingatkan peternak dan pembeli hewan kurban untuk betul-betul mewaspadai merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK), terlebih penyakit tersebut ada yang tidak bergejala.

"PMK harus diantisipasi betul, apalagi ada yang tanpa gejala. Jadi jangan sampai niat ibadah kurban kita malah nanti membawa mudarat pada orang lain," ujarnya.

Pemerintah pun diminta untuk mempercepat dan memperluas jangkauan vaksinasi PMK terutama di daerah-daerah yang terdeteksi penyakit tersebut.

Dia berpandangan, langkah tersebut untuk menambah ketenangan di tengah masyarakat yang ingin berkurban dan akan mengonsumsi hewan kurban.

Dalam laman resmi siagapmk.id pada Senin, 4 Juli 2022, tercatat dari 318.027 ekor ternak yang terjangkit PMK tersebar di 21 provinsi seluruh Indonesia.

Kemudian, sebanyak 106.926 ekor telah sembuh, sedangkan 3.489 ekor terpaksa dilakukan pemotongan bersyarat, dan 2.016 ekor mati sehingga masih terdapat 205.596 hewan yang belum sembuh.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya