News Kamis, 20 Januari 2022 | 11:01

Catat! Said Didu Sebut Proyek Ibu Kota Negara Bakal Mangkrak Seperti Esemka

Lihat Foto Catat! Said Didu Sebut Proyek Ibu Kota Negara Bakal Mangkrak Seperti Esemka Mantan Sekretaris BUMN Said Didu. (foto: ist).

Jakarta - Analis kebijakan publik Muhammad Said Didu memprediksi proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, bakalan mangkrak layaknya esemka.

Sebab, proyek IKN ini menurutnya digolkan tanpa studi kalaikan.

"Perkiraan saya, proyek IKN akan mangkrak seperti proyek-proyek lainnya yang tidak diawali dengan study kelayakan," katanya menggunakan akun Twitter @msaid_didu dikutip Opsi, Kamis, 20 Januari 2022.

Didu merasa prediksinya ini tak akan meleset. Dia mengaku pernah memperkirakan janji Jokowi sebelumnya saat Pilkada 2012 tidak terealisasi, contohnya produksi mobil Esemka adalah kebohongan belaka.

Begitupun dengan proyek Jokowi lainnya, seperti Kereta Cepat Bandung-Jakarta hingga beberapa ruas tol yang bakal merugi.

"Silakan publik mencatat mention saya ini. 2012 saya mention bahwa mobil esemka adalah bohong. 2016 saya mention bahwa Kereta Api cepat tidak laik dan tidak layak serta jalan tol akan rugi," kata Said Didu.

Diketahui kemarin, Rancangan Undang-Undang tentang Ibu Kota Negara (RUU IKN) juga sudah disetujui menjadi undang-undang dalam rapat paripurna DPR RI. Dengan begitu, pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim) dengan nama Nusantara bisa dilaksanakan. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya