Daerah Sabtu, 18 Juni 2022 | 16:06

Cegah Banjir, Warga Abdya Gotong Royong Bersihkan Saluran Desa

Lihat Foto Cegah Banjir, Warga Abdya Gotong Royong Bersihkan Saluran Desa Antusias emak-emak di Aceh gotong royong cegah banjir. (Foto: Opsi/Sekdes Desa Babahlung).
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Emak di Desa Babahlung Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Provinsi Aceh antusias gotong royong bersihkan jalan dan saluran air.

Ini dilakukan guna mencegah banjir dan menjaga linkungan tetap bersih agar terhindar dari beragam penyakit yang timbul dari lingkungan kotor.

Kepala Desa Babahlung Zikri. AR mengapresiasi antusias ibu-ibu bergotong royong membersihkan saluran, selokan dan badan jalan, dengan tujuan pencegahan terjadinya banjir dan menjaga lingkungan tetap bersih.

"Tentu dengan lingkungan bersih dapat terhindar dari wabah penyakit seperti DBD dan sebagainya," kata Zikri, Sabtu, 18 Juni 2022.

Zikri menjelaskan, kegiatan bersih-bersih ini merupakan salah satu program kegiatan yang ada dalam Dana Desa (DD) atau kegiatan bernama Padat Karya Tunai Desa (PKTD).

"Lewat program ini ada anggaran dari DD untuk biaya kegiatan, tentu dengan adanya biaya ini dapat menambah semangat warga dalam bergotong royong," ucapnya.

Kades menambahkan, triwulan ini anggaran PKTD dipusatkan di dusun 4. Hal ini karena, di Dusun ini merupakan salah satu daerah dalam desa setempat yang rawan terjadi banjir.

"Maka kita fokuskan disana dan akan terus berlanjut selagi program ini ada, dan tentu kita mendukung agar program ini tetap dipertahankan oleh pemerintah, sebab jelas peruntukkannya dan manfaatnya," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya