Daerah Sabtu, 30 April 2022 | 15:04

Cegah Human Error Mudik Lebaran, Polisi Periksa Urine Awak Angkutan di Sumut

Lihat Foto Cegah Human Error Mudik Lebaran, Polisi Periksa Urine Awak Angkutan di Sumut Awak dan kru pesawat melakukan tes urine di Bandara Kualanamu Internasional, Deliserdang. (Foto: Istimewa)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Andi Nasution

Medan - Tim Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumatra Utara melakukan pemeriksaanurine terhadap awak dan kru angkutan darat, laut, udara, dalam rangka Operasi Ketupat Toba 2022.

Pemeriksaan urine terhadap awak dan kru angkutan itu, sebagai bentuk upaya mencegah peredaran narkoba serta mencegah terjadinya kecelakaan akibat tindak penyalahgunaan narkotika.

Seperti pemeriksaan angkutan udara, Tim Dit Res Narkoba Polda Sumut melakukan cek urine terhadap awak dan kru pesawat di Bandara Kualanamu Internasional, Deliserdang.

"Pilot, pramugari yang mau terbang kita lakukan tes urine. Langkah ini untuk mengantisipasi kecelakaan pesawat akibat pengaruh narkoba," kata Direktur Res Narkoba Polda Sumut, Kombes Pol Wisnu Adji, Sabtu 30 April 2022.

Wisnu juga meminta kepada petugas kargo untuk meningkatkan pengawasan terhadap pengiriman barang serta barang bawaan penumpang.

Ini dilakukan untuk mengantisipasi penyelundupan narkoba saat arus mudik Lebaran.

"Tujuan dari pelaksanaan kegiatan tes urine terhadap angkutan ini, untuk memastikan awak dan kru tidak ada yang mengkonsumsi narkotika. Ini untuk menjaga keselamatan penumpang dari human error," ujarnya.

Dia menambahkan, terhadap kru dan awak angkutan darat, laut, udara yang positif mengkonsumsi narkoba, akan dilakukan assesment (rehabilitasi).

"Tes urine ini akan terus digelar selama libur Lebaran Idul Fitri, dalam mencegah tindak penyalahgunaan dan peredaran narkoba di Sumatra Utara," pungkasnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya