Daerah Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:06

Cegah Penyakit, Aparatur Desa Mataie di Abdya Sosialisasi Pola Hidup Sehat

Lihat Foto Cegah Penyakit, Aparatur Desa Mataie di Abdya Sosialisasi Pola Hidup Sehat Kegiatan sosialisasi perilaku pola hidup bersih dan sehat di Abdya. (Foto: Opsi/Syamsurizal)
Editor: Eno Dimedjo Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Kepala Desa (Kades) Mataie, Kecamatan Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Provinsi Aceh, Junaidi Idrus mengajak seluruh warganya untuk terus menerapkan pola hidup sehat.

Hal tersebut disampaikan dalam sambutannya pada kegiatan sosialisasi perilaku pola hidup bersih dan sehat bagi warga desa setempat yang berlangsung di kantor desa, Sabtu, 25 Juni 2022.

Menurut dia, mencegah diri dari berbagai wabah penyakit dengan menjaga kebersihan merupakan bagian dari iman yang memiliki pahala tersendiri.

"Karena, selain sebagai upaya pencegahan dari berbagai wabah penyakit juga karena kebersihan merupakan sebagian dari iman. Dan tentu ada pahala bagi pelakunya," kata Junaidi Idrus," dikutip Opsi pada Sabtu, 25 Juni 2022.

Dalam kegiatan ini, aparatur desa turut mengundang unsur TNI-Polri, Tenaga kesehatan dan Ustad di desa setempat untuk memberikan pandangan mereka terkait pola hidup bersih dan sehat  sesuai di bidang mereka masing-masing.

Kegiatan sosialisasi perilaku pola hidup bersih dan sehat di Abdya. (Foto: Opsi/Syamsurizal)

Menurut Junaidi, amat banyak manfaat yang didapat manusia jika menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Dengan menerapkan pola itu tentu seseorang sudah menjaga dirinya dan keluarga dari segala macam wabah penyakit yang timbul karena lingkungan kotor.

"Maka kita megimbau warga untuk menerapkan pola ini dalam kehidupan sehari-hari. Kami dari aparatur desa juga akan mengupayakan budaya gontong royong untuk terus menjaga kebersihan lingkungan," ucap dia.

Kades berujar, apabila lingkungan tidak bersih seperti parit atau selokan itu akan lebih mudah terjangkit penyakit seperti DBD dan macam lainnya, sehingga butuh perhatian bersama untuk menangani hal demikian.

Baca juga: Edukasi Hidup Sehat, Dinkes Mamuju Sosialisasi Penerapan Germas Semua Tatanan

Baca juga: Miliki Gaya Hidup Sehat, Ridwan Kamil: Bahaya Generasi Rebahan

"Karena tidak menutup kemungkinan akan terjadi banjir jika selokan dan parit tersumbat. Tentu hal demikian perlu di antisipasi sebelum terjadi," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya