Daerah Selasa, 10 Mei 2022 | 14:05

Cegah Stunting Sejak Dini, Remaja Putri di Sulbar Diberi Tablet Penambah Darah

Lihat Foto Cegah Stunting Sejak Dini, Remaja Putri di Sulbar Diberi Tablet Penambah Darah Siswi SMAN 1 Mamuju yang siap menerima tablet penambah darah. (Foto: Opsi/Eka Musriang)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Demi mencegah peningkatan stunting sejak dini, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar) ikut sukseskan pemecahan rekor Muri minum tablet tambah darah remaja putri.

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulbar, Muhammad Idris mengungkapkan, pihaknya terlibat dalam program tersebut untuk membiasakan anak-anak remaja putri meminum tablet penambah darah.

"Jadi, bukan rekor Muri nya yang kita cari, tapi momentum untuk membangun kebiasaan," kata Idris saat diwawancarai wartawan, Selasa, 10 Mei 2022.

Menurutnya, kebiasaan remaja putri meminum tablet penambah darah merupakan langkah awal mencegah terjadinya peningkatan angka stunting di Sulbar.

"Kenapa, karena ini penting. Stunting itu dampak dari kecerobohan kita atau kelalaian kita mempersiapkan remaja putri untuk lebih sehat," ujarnya.

Dengan adanya program tersebut, kata dia, remaja-remaja putri yang ada di Sulbar memiliki kesiapan untuk tidak melahirkan generasi-generasi stunting di masa mendatang.

"Mereka ini nantinya adalah generasi yang akan melahirkan dan kalau generasi yang akan melahirkan tidak dipersiapkan, ini sekali lagi menurut saya adalah kecerobohan kita bersama," tuturnya.

Sehingga, lanjut dia, pihaknya bersama pihak PKK, BKKBN Sulbar, Kementerian Agama, Dinas Pendidikan, dan Dinas Kesehatan terlibat dalam program tersebut.

"Dan itu semua kita sudah sentuh anak-anak remaja putri," kata Muhammad Idris.

Setelah menerima tablet penambah darah, salah seorang siswi SMAN 1 Mamuju, Adea mengaku, akan tetap meminum tablet tersebut lantaran suka.

"Tablet ini bagus untuk kesehatan dan masa depan," ucap Adea.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya