News Sabtu, 21 Januari 2023 | 10:01

Cek Fakta soal Danau Toba Dibikin Lokasi F1 Powerboat

Lihat Foto Cek Fakta soal Danau Toba Dibikin Lokasi F1 Powerboat F1 Powerboat. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Toba - Perairan Danau Toba bakal menjadi venue event internasional bertajuk F1PowerBoat Lake Toba, Indonesia pada 24-26 Februari 2023.

Ini adalah kejuaraan dunia balap perahu super cepat atau yang juga dikenal dengan sebutan F1H2O. 

Sederet fakta tentang event berkelas internasional ini:

1. Diikuti 18 pembalap dari berbagai negara

Kejuaraan yang baru kali pertama digelar di Indonesia ini, tepatnya di perairan Danau Toba, Sumatra Utara bakal diikuti 18 pembalap dari berbagai negara peserta.

Para pembalap perahu super cepat itu berasal dari Inggris, Ukraina, Arab Saudi, China, Portugal, Brazil, Perancis, Korea Selatan, dan Qatar.

Tentu saja saat di Danau Toba mereka akan menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam memacu boat untuk menjadi kampiun F1PowerBoat Lake Toba, Indonesia. 

2. Danau Toba yang menawan jadi lokasi acara

Anda tahu, event ini menjadi momentum untuk mengenalkan Danau Toba dengan segala kekayaan alam dan budayanya ke dunia internasional.

Event ini sudah digelar sebelumnya di 39 negara. Indonesia menjadi negara ke-40 penyelenggara berikutnya.

Baca juga: F1 Powerboat di Toba, Ini Permintaan Luhut Binsar Pandjaitan kepada Orang Batak

Dan, eventnya digelar di salah satu primadona wisata Indonesia yang juga termasuk Destinasi Super Prioritas (DSP), Danau Toba.

Kabar baiknya, nanti pesisir Danau Toba bakal disulap jadi venue yang siap menampung hingga 25.000 penonton dari seluruh penjuru dunia untuk menyaksikan kemampuan kapal cepat yang bisa tembus kecepatan hingga 220 km/jam ini. 

3. Terbagi menjadi sesi kualifikasi dan kompetensi

Gelaran lomba bergengsi ini mulai 24 hingga 26 Februari 2023. So pasti sudah menjadi tanggal bersejarah dan nggak boleh dilewatkan.

Selama tiga hari penuh, rangkaian kegiatan dari hari pertama hingga terakhir F1PowerBoat Lake Toba, Indonesia.

Hari pertama, bakal ada press conference sebelum para pembalap menjalani sesi kualifikasi yang bisa disaksikan secara langsung di hari berikutnya. 

Tanggal 26 Februari 2023 balapan utama akan dimulai untuk menunjukkan siapa yang berhak mendapatkan piala kejuaran F1PowerBoat Lake Toba, Indonesia. [kemenparekraf]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya