News Kamis, 24 November 2022 | 19:11

Cetak Gol Tunggal Kemenangan Swis atas Kamerun, Breel Embolo Tidak Melakukan Selebrasi

Lihat Foto Cetak Gol Tunggal Kemenangan Swis atas Kamerun, Breel Embolo Tidak Melakukan Selebrasi Breel Embolo mengangkat kedua tangannya usai mencetak gol ke gawang Kamerun. (Foto: Twitter/FIFA)
Editor: Rio Anthony

Qatar - Kamerun kalah 1-0 saat menghadapi Swis dalam babak penyisian Grup G, Piala Dunia 2022 Qatar.

Pertandingan kedua tim berlangsung di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Piala Dunia 2022 Qatar, Kamis 24 November 2022.

Gol Swiss dicetak Breel Embolo pada menit ke-48. Gol ini cukup emosional bagi pemain AS Moncao itu karena dia lahir dan berdarah Kamerun.

Kedua tim bermain hati-hati di babak pertama. Namun kedua tim tetap memiliki sejumlah peluang emas.

Laga berjalan sepuluh menit, Kamerun mendapat peluang pertama melalui tendangan Bryan Mbeumo yang berhasil diblok kiper Yann Sommer.

Berselang empat menit kemudian, Kamerun kembali mendapat peluang lewat sang kapten Eric-Maxim Choupo Moting. Namun Moting gagal memanfaatkan peluang emas setelah tendangan mendatarnya berhasil diblok Sommer.

Swiss mencoba keluar dari tekanan Kamerun. Namun tim asuhan Murat Yakin itu selalu buruk dalam penyelesaian akhir.

Beberapa kali umpan-umpan silang yang diperagakan para pemain Swiss tidak mampu dimanfaatkan dengan sempurna.

Peluang emas didapat Swiss pada menit 40 dan 45. Namun sundulan Nico Elvedi dan Manuel Akanji hanya tipis di sisi gawang. Hingga akhir babak pertama skor imbang tanpa gol tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Swiss langsung mengejutkan lini pertahanan Kamerun. Sebuah umpan silang Xherdan Shaqiri berhasil diteruskan Embolo dengan tendangan kaki kanan yang menggetarkan gawang Andre Onana. 1-0 untuk Swiss.

Pemain setinggi dua meter itu tidak melakukan selebrasi, dia mengangkat kedua tangannya seolah minta maaf ke pendukung dan tim Kamerun karena dia lahir dan besa di Kamerun.

Kamerun merespons lewat peluang Choupo Moting pada menit ke-57. Aksi individu menawan Choupo Moting berhasil melewati beberapa pemain belakang Swiss, namun gagal menaklukkan Sommer dari sudut sempit.

Swis membalas di menit 66. Tapi tendangan Ruben Vargas setelah menerima umpan dari sisi kanan berhasil diblok Onana dengan gemilang.

Onana lagi-lagi melakukan penyelamatan penting pada menit ke-88 ketika memblok tendangan keras Granit Xhaka dari luar kotak penalti.

Hingga akhir laga Swiss berhasil mempertahankan kemenangan 1-0 atas Kamerun.

Berikutnya Swiss akan menghadapi Brasil pada Senin 28 November 2022. Sebelumnya Brasil akan menghadapi Serbia pada dini hari nanti. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya