News Sabtu, 04 Maret 2023 | 18:03

Cipayung Plus Sumut Sebut Erick Thohir Gak Becus Ngurus BUMN dan Harus Mundur

Lihat Foto Cipayung Plus Sumut Sebut Erick Thohir Gak Becus Ngurus BUMN dan Harus Mundur Erick Thohir (tenga) saat berada di Depo Pertamina Plumpang yang mengalami musibah kebakaran. (Foto: Twitter)
Editor: Tigor Munte

Medan - Muncul desakan agar Erick Thohir mundur dari jabatan Menteri BUMN. Erick dinilai tidak becus mengurus kementerian tersebut.

Desakan disampaikan mahasiswa yang tergabung dalam Cipayung Plus Sumatra Utara dalam konferensi pers yang digelar di Medan, Jumat, 3 Maret 2023 kemarin.

Mereka adalah Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Sumut, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sumut, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Sumut, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Sumut, dan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Sumut.

"Kami memandang bahwa Menteri BUMN sudah gagal dalam melaksanakan tugasnya membina BUMN. Banyaknya BUMN yang masih rugi dan utang bahkan anjlok sahamnya serta tidak adanya perubahan signifikan ke arah positif BUMN, menunjukkan bahwa Erick Thohir tidak memiliki kemampuan dalam memimpin dan membina BUMN," kata Ketum KAMMI Sumut Wira Putra.

BACA JUGA: Ini Alasan Jokowi Pilih Erick Thohir Jadi Ketua Panitia Pernikahan Kaesang dan Erina

Disebutnya, Cipayung Plus Sumut juga menganggap bahwa Erick Thohir hanya menggunakan BUMN untuk kepentingan pribadinya dan popularitasnya menuju Pemilu 2024.

"Erick hanya memperalat BUMN saja, keliling Indonesia dan menggunakan BUMN untuk mensponsori kegiatannya," kata Ketum IMM Sumut Arifuddin, menambahkan.

BACA JUGA: DPR Soal Sepak Bola Indonesia: Harapan Publik Cukup Kuat untuk Erick Thohir

Kata dia, Erick Thohir justru banyak melakukan kegiatan yang tidak perlu dan di luar koridor pekerjaan utamanya, seperti melakukan mobilisasi massa besar-besaran dan acara yang justru membuang-buang anggaran.

Ketum HMI Sumut Abdul Rahman mengatakan, sejatinya Menteri BUMN itu fokus bekerja untuk BUMN dan membawa keuntungan untuk negara, ujar Ketua GMNI Sumut Daniel Sigalingging.

Korwil GMKI Arion Pasaribu juga menyoroti posisi Erick sebagai Ketua Umum PSSI. Hal ini semakin membuat fokus Erick terpecah, mengingat problem di PSSI itu sangat kompleks. 

"Padahal PSSI memiliki persoalan segudang yang memerlukan fokus luar biasa dalam melakukan pembenahan sepak bola. Harusnya Erick Thohir kalau sudah mau urus PSSI ya urus saja, tidak perlu lagi urus BUMN," tegas Arion. 

Seturut dengan kondisi tersebut, Cipayung Plus dalam waktu dekat akan melakukan aksi, diantaranya mendesak Erick Thohir dicopot dari jabatannya sebagai Menteri BUMN. 

"Kami juga akan melakukan aksi penolakan apabila Erick Thohir menginjakkan kakinya ke tanah Sumatra Utara," kata Wira. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya