Hiburan Rabu, 16 Oktober 2024 | 15:10

Daftar Nominasi AMI Awards 2024 Resmi Diumumkan

Lihat Foto Daftar Nominasi AMI Awards 2024 Resmi Diumumkan Suasana konferensi pers pengumuman nominasi AMI Awards 2024. (Foto: Opsi/Eno Suratno Wongsodimedjo)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Yayasan Anugerah Musik Indonesia (YAMI) resmi mengumumkan jajaran nominasi dari berbagai kategori yang bakal memperebutkan piala di ajang penghargaan musik paling bergengsi di Tanah Air, AMI Awards 2024.

Ketua Umum AMI, Candra Darusman mengatakan bahwa mengusung tema Musik Generasi Baru, AMI Awards 2024 bakal menjejaki gelarannya yang ke-27. Artinya ajang ini sudah mencatat sejarah perjalanan musik Indonesia dalam kurun waktu 27 tahun terakhir.

"27 tahun sudah AMI senantiasa menyediakan wadah bagi kesinambungan perkembangan musik dan musisi baru, tanpa pernah melupakan para pionirnya terdahulu," ucap Candra Darusman, dikutip Opsi pada Rabu, 16 Oktober 2024.

Deretan artis musik yang masuk dalam jajaran nominasi, merupakan hasil saringan dari sebanyak 5046 lagu yang terdaftar tahun ini. Penilaian berupa karya produksi single ataupun album yang dirilis secara komersil dalam periode rilis 1 Juli 2023–30 Juni 2024.

Hal itu menandakan bahwa dalam kondisi apapun semangat daya kreatifitas para musisi tetap membara demi berlangsungnya Industri Musik Indonesia selanjutnya.

Suasana konferensi pers pengumuman nominasi AMI Awards 2024. (Foto: Opsi/Eno Suratno Wongsodimedjo)

Dari hasil Sidang kategorisasi dan Sidang Penunjang Produksi AMI yang berlangsung di tanggal 15 Juli – 24 September 2024 yang dilakukan secara offline dan online, menghasilkan jumlah kategori di AMI tahun ini adalah 62 Kategori.

Perkembangan musik Indonesia selama adanya Penghargaan Anugerah Musik Indonesia bertumbuh dengan sangat pesat dan memberikan pengaruh yang sangat besar buat penikmat Musik Indonesia.

Salah satunya disaat tranformasi dari rilisan fisik menjadi rilisan digital (sejak AMI Awards ke-20 Tahun 2017 hingga saat ini) , banyak menghadirkan nama-nama baru dari belahan bumi Nusantara yang sanggup bersaing dengan musisi-musisi senior mereka.

Di saat yang bersamaan bermunculan juga banyak genre musik baru yang menguasai industri, menyajikan warna yang berbeda dengan referensi musik yang fresh sehingga membuat industri Musik Indonesia jadi semakin beragam.

Baca juga: Film Barbie dan Oppenheimer Bersaing Ketat di Nominasi Golden Globe Awards ke-81

Baca juga: JJM Bikin Konten Kaset Awards YouTube, Sigit Wardana dan Isabel Azhari Jadi Host

Hal itu akhirnya menambah jumlah Kategori baru di AMI sejak 2017 hingga sekarang antara lain di bidang: Jazz Alternatif, Soul R&B Alternatif, Dangdut Elektro, Koplo, Orkestra, Teater Musikal, Film Scoring, Blues, Rearansemen dan Video Musik. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya