Hiburan Sabtu, 09 Desember 2023 | 13:12

Daftar Pemenang Ajang Anti-Corruption Film Festival 2023 Resmi Diumumkan

Lihat Foto Daftar Pemenang Ajang Anti-Corruption Film Festival 2023 Resmi Diumumkan Suasana malam penganugerahan ajang ACFFEST 2023. (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menggelar malam penganugerahan ajang Anti-Corruption Film Festival (ACFFEST) 2023 pada Jumat malam, 8 Desember 2023 kemarin. Sejumlah karya diumumkan sebagai pemenang.

Dalam penyelenggaraannya kali ini, ACFFEST 2023 mengumumkan pemenang film terbaik dari dua kategori, yakni kategori Film Ide Cerita Terbaik dan Film Pendek Fiksi Terbaik. Malam anugerah ini sekaligus menjadi rangkaian peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2023.

Dalam sambutannya, Ketua KPK, Nawawi Pomolango mengatakan bahwa ACFFEST dinilai telah berhasil menciptakan sebuah gerakan dan juga komunitas antikorupsi di kalangan anak muda, khususnya para pecinta dan komunitas film (sineas/filmmaker).

"Tidak hanya menjadi media kampanye antikorupsi, tetapi lebih dari itu, ACFFEST telah menjadi sebuah gerakan sosial antikorupsi dari anak muda melalui media film," tutur Nawawi, dikutip Opsi pada Sabtu, 9 Desember 2023.

"Sekaligus bentuk nyata partisipasi anak muda dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi di Indonesia, ucap dia.

Lewat kesempatan yang sama, Nawawi juga menjelaskan bahwa penyelenggaraan ACFFEST bertujuan untuk mengajak anak muda untuk ikut berpartisipasi, aktif, kreatif, peduli, serta kritis dengan menuangkan ide ke dalam bentuk audio visual.

Selain itu, ajang ini juga diharapkan dapat memacu para sineas untuk terus berkontribusi dalam upaya mengkampanyekan 9 nilai antikorupsi: kejujuran, kedisiplinan, kepedulian, tanggung jawab, kerja keras, kesederhanaan, kemandirian, kebenaran, dan keadilan.

Suasana malam penganugerahan ajang ACFFEST 2023. (Foto: Istimewa)

Adapun para pemenang ACFFEST 2023 adalah sebagai berikut:

Kategori Film Ide Cerita:

• Best ACFFEST Movie Award, Category Short Film - Kronik Puriwicara (HRV Production,
Yogyakarta)

• Jury Prize Award, Category Short Film - Hitler Mati di Surabaya (Sinematografi UNAIR,
Sidoarjo)

Kategori Film Pendek Fiksi :

• Best ACFFEST Movie Award, Category Short Fiction - Air Mata Penyesalan (Sinema Media
Kreatif, Bekasi)

• Jury Prize Award, Category Short Fiction - Pelat Merah (Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Pontianak

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya