News Minggu, 09 Januari 2022 | 17:01

Klaim DPR RI Berkomitmen Sahkan RUU TPKS, Dasco: Segera Lakukan Rapim Bamus

Lihat Foto Klaim DPR RI Berkomitmen Sahkan RUU TPKS, Dasco: Segera Lakukan Rapim Bamus Ketua Harian Partai Gerindra sekaligus Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco.(Foto:Opsi/Istimewa)

Jakarta - Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco menegaskan bahwa DPR RI sangat berkomitmen untuk memperjuangkan Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) menjadi Undang-Undang (UU).

Hal itu diungkapkan saat Dasco sidak Polsek Setiabudi, Jakarta Selatan, Minggu, 9 Januari 2022.

Sidak dilakukan merespons adanya laporan kasus dugaan pemerkosaan terhadap pelajar kelas III Sekolah Dasar (SD) dengan inisial AA (9).

"Jadi kalau ada yang bilang bahwa DPR memperlambat segala macam itu tidak betul. Bahwa usulan atau inisiatif undang-undang itu justru berasal dari DPR RI dan ini kita akan bikin, kita akan buat Undang-undang itu dengan bagus," kata Dasco.

Wakil Ketua DPR RI ini menyebut, pihaknya di Parlemen tidak mau terburu-buru melakukan pengesahan RUU TPKS.

"Sehingga kemarin itu saya pikir bukan kita tidak mau cepat, tapi kita tidak mau buru-buru supaya menjadi UU yang bagus. Karena kita tidak mau kejadian seperti ini berulang, berulang dan berulang lagi terjadi tindak pidana kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur pada khususnya," ujarnya.

Menurutnya, semua fraksi partai yang ada di DPR RI akan menyepakati RUU TPKS jika dibawa dan dibahas pada paripurna mendatang.

"Saya pikir dengan dibawa ke rapat paripurna, tentu itu akan membuat RUU tersebut disepakati oleh semua fraksi, karena nanti kalau sudah diparipurnakan, itu akan membuka jalan pembahasannya dan tentunya pembahasan itu akan melibatkan semua fraksi yang ada di DPR RI," tuturnya.

Lebih lanjut, kata dia, pembahasan RUU TPKS akan diserahkan dalam rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPR RI yang nantinya akan menentukan urgensi pembahasannya ada di mana.

"Pada pembukaan masa sidang, kita akan segera melakukan Rapim Bamus dan kemudian paripurna," ucap Dasco.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya