News Selasa, 22 November 2022 | 11:11

Data Resmi BNPB: Gempa Cianjur, 103 Korban Meninggal Dunia

Lihat Foto Data Resmi BNPB: Gempa Cianjur, 103 Korban Meninggal Dunia Bangunan di Kabupaten Cianjur hancur akibat gempa yang terjadi Senin, 21 November 2022. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Data resmi dirilis BNPB pasca gempa Cianjur, Jawa Barat, sebanyak 103 warga korban meninggal dunia.

Data tersebut tercatat hingga Selasa, 22 November 2022 pukul 09:55 WIB.

Korban meninggal disebut mayoritas karena tertimpa reruntuhan bangunan yang ambruk saat peristiwa terjadi.

Selain itu, 31 orang masih dilaporkan hilang. Pencarian masih terus dilakukan hingga hari ini. 

Kemudian dilaporkan pula, sebanyak 377 orang luka-luka. Selain di Cianjur, korban luka juga dilaporkan satu orang di Kabupaten Bandung, 1 orang luka berat dan 9 orang luka ringan di Kabupaten Sukabumi, dan 2 orang luka ringan di Kabupaten Bogor. 

Warga mengungsi bertambah menjadi 7.060 jiwa yang tersebar di beberapa titik. Selain itu, 8 KK mengungsi di Kabupaten Sukabumi dan 4 jiwa mengungsi di Kabupaten Bogor.

Kerusakan infrastruktur tercatat sebanyak 3.075 rumah rusak ringan, 33 unit rumah rusak sedang, dan 59 rumah rusak berat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat masih terus melakukan pendataan terkait jumlah korban jiwa, kerusakan infrastruktur, lokasi pengungsian, dan kebutuhan mendesak.

Dilaporkan, sampai Selasa, 22 November 2022 pukul 06:30 WIB, gempa susulan tercatat sebanyak 118 gempa dengan magnitudo terkecil M1,5 dan terbesar M4,2.

Bupati Cianjur Herman Suherman telah mengeluarkan Surat Keputusan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi selama 30 hari dimulai 21 November 2022 hingga 20 Desember 2022.

Baca juga:

Gubernur Ridwan Kamil Imbau Masyarakat Tetap Waspada Gempa Susulan di Cianjur

BNPB juga telah memberikan bantuan Dana Siap Pakai (DSP) sebesar Rp 1,5 miliar dan bantuan logistik darurat senilai 500 juta. 

Bantuan diberikan kepada Pemkab Cianjur  pada saat tinjauan lapangan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Wakil Komisi VIII DPR RI, Kepala BNPB, dan Kepala BMKG.

PGI Peduli Korban Gempa Cianjur

Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia atau PGI melalui jaringan gereja di Kabupaten Cianjur memberikan bantuan bagi para korban gempa berupa, sembako, selimut, kasur, paket P3K, genset, air bersih, dan tenda pengungsi.

"PGI menyampaikan duka yang mendalam kepada keluarga korban meninggal dan berempati kepada semua masyarakat yang terdampak bencana gempa tersebut. PGI mendoakan agar keluarga korban meninggal tetap tabah dan ikhlas serta diberi kemampuan untuk menghadapi situasi bencana ini. Kiranya Tuhan menolong semua proses pemulihan pasca bencana," kata Kepala Humas PGI Jeirry Sumampow dalam siaran pers, Selasa, 22 November 2022.

Pihaknya juga menghimbau semua pihak untuk mengulurkan bantuan kepada korban dan masyarakat terdampak di Kabupaten Cianjur.

PGI kemudian meminta pemerintah memberikan perhatian yang sungguh-sungguh untuk penanganan korban dan masyarakat terdampak. 

Presiden Joko Widodo diharapkan melakukan langkah-langkah cepat untuk percepatan pemulihan aktivitas dan kehidupan masyarakat sehari-hari.

PGI kata Jeirry, melalui Biro Pengurangan Resiko Bencana (PRB) turun langsung ke lokasi bencana untuk memberikan bantuan dan pendampingan kepada korban dan masyarakat terdampak. 

Biro PRB PGI berkoordinasi dengan GKI Cianjur yang telah mendirikan Posko Darurat Bencana di GKI Cianjur untuk membantu penanganan bencana. Telah disiapkan juga oleh GKI Cianjur Rumah Singgah Pasien Yayasan Kirene GKI Cianjur bagi warga gereja dan masyarakat yang membutuhkan tempat tinggal sementara.

"PGI juga mengharapkan kepedulian semua pihak untuk memberikan  bantuan. Bantuan dapat diberikan kepada PGI dan akan disalurkan oleh Biro PRB PGI langsung ke lapangan.  Bantuan dapat dikirimkan  melalui nomor rekening Bank Mandiri Matraman  006.006.000.0340 a/n Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia. Mohon cantumkan kode unik “10” di akhir jumlah donasi. Contoh: Rp 1.000.010," terangnya. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya