News Rabu, 16 Maret 2022 | 21:03

Dedi Mulyadi Usul DPR RI Bentuk Pansus Ungkap Kelangkaan Minyak Goreng

Lihat Foto Dedi Mulyadi Usul DPR RI Bentuk Pansus Ungkap Kelangkaan Minyak Goreng Anggota DPR Dedi Mulyadi. (foto: ist).

Jakarta - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi mengusulkan agar DPR RI segera membentuk panitia khusus (pansus) untuk mengungkap kelangkaan minyak goreng di pasaran yang terjadi di sejumlah daerah di Tanah Air.

"Diharapkan melalui pansus dapat merekomendasikan solusi tepat yang bisa segera dilakukan pemerintah dalam mengatasi problem kelangkaan minyak goreng," kata Dedi mengutip ANTARA, Rabu, 16 Maret 2022.

Selain mengungkap kelangkaan minyak goreng dan pembahasan solusi, ujarnya, pansus dijadikan sebagai respons kekecewaan parlemen terhadap Menteri Perdagangan (Mendag) M Lutfi yang dua kali mangkir saat diundang resmi pada rapat kerja gabungan membahas penyelesaian krisis minyak goreng.

Dia mengungkapkan, rapat kerja gabungan sendiri meliputi Komisi IV, Komisi VI, dan Komisi VII DPR RI bersama sejumlah menteri terkait untuk membahas pengendalian harga, stok pangan pokok menjelang Ramadhan, tata kelola kebijakan pupuk, pasokan, dan harga gas untuk produksi pupuk.

"DPR sudah dua kali secara resmi mengundang Mendag untuk hadir rapat gabungan. Namun selalu mangkir. Jadi saya lebih setuju untuk dibentuk pansus saja agar lebih jelas hal-hal apa sebenarnya yang membuat kelangkaan minyak goreng di Indonesia," ujarnya.

Dedi mengatakan melalui pansus, maka lembaga legislatif bisa merekomendasikan langkah-langkah solusi tepat yang wajib segera dilakukan pemerintah dalam mengatasi problem kelangkaan minyak goreng.

Dia menegaskan, jika ditemukan adanya penjualan atau ekspor ke luar negeri berlebih sehingga berakibat mengurangi kebutuhan minyak goreng di dalam negeri maka pansus dapat menyeret oknum-oknum yang terlibat.

Dedi mengaku sempat mengecek stok minyak goreng di pasaran dan ternyata stoknya kosong.

Dari informasi yang diperoleh, khusus di toko modern setiap kali ada pengiriman minyak goreng langsung diserbu konsumen hingga terjadi antrean dan langsung habis.

Dedi Mulyadi mengatakan persoalan minyak goreng harus segera dituntaskan pemerintah karena dalam beberapa hari terakhir ini dikabarkan ada seorang ibu yang meninggal saat antre minyak goreng di Samarinda, Kaltim.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya