News Minggu, 27 Februari 2022 | 16:02

Delegasi Rusia Tiba di Belarusia untuk Dialog Damai dengan Ukraina

Lihat Foto Delegasi Rusia Tiba di Belarusia untuk Dialog Damai dengan Ukraina Ilustrasi militer. (Foto: Pixabay)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan delegasi Rusia telah tiba di kota Homel, Belarusia untuk melakukan pembicaraan dengan pejabat Ukraina. Pertemuan dan diskusi, dilakukan sebagai upaya damai kedua negara.

Laman Japan News mewartakan, dalam pernyataannya ke media Dmitry Peskov mengatakan delegasi itu termasuk pejabat militer dan diplomat.

"Delegasi Rusia siap untuk melakukan pembicaraan, dan kami sekarang menunggu pihak Ukraina," kata Smitry Peskov, dikutip Opsi pada Minggu, 27 Februari 2022.

Kendati begitu, hingga saat ini belum ada satu pun pejabat Ukraina yang mengomentari pernyataan Rusia tersebut. Padahal sebelumnya, pejabat Ukraina sempat menyatakan kesiapan mereka untuk pembicaraan damai dengan Rusia.

Asap hitam mengepul dari bandara militer di dekat kota Chuguev, wilayah Kharkiv, Ukraina, Kamis, 24 Februari 2022.(Foto:AFP/Aris Messinis)

Sejak invasi yang dimulai pada Kamis, 24 Februari 2022 waktu setempat, tentara Rusia telah berhasil mendekati ibukota Ukraina, Kyiv, dan membuat keuntungan yang signifikan di sepanjang pantai negara itu.

Baca juga: Putin ke Negara Pendukung Ukraina: Dapat Konsekuensi yang Belum Pernah Terjadi Dalam Sejarah

Baca juga: Rusia Serang Ukraina, Joe Biden Bakal Gelar Pertemuan dengan Sekutu di G7

Seorang pejabat Ukraina mengatakan, pertempuran jalanan pecah di kota terbesar kedua Ukraina, Kharkiv, pada hari Minggu, 27 Februari 2022, menyusul gelombang serangan di tempat lain yang menargetkan lapangan terbang dan fasilitas bahan bakar yang tampaknya menandai fase baru invasi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya