News Sabtu, 18 Februari 2023 | 17:02

Demi Agenda Besar Main di Piala Dunia, Erick Thohir Bentuk Badan Tim Nasional

Lihat Foto Demi Agenda Besar Main di Piala Dunia, Erick Thohir Bentuk Badan Tim Nasional Ketum PSSI Erick Thohir. (Foto: PSSI)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Ketua Umum PSSI Erick Thohir memutuskan pembentukan Badan Tim Nasional (BTN), sebagai langkah untuk agenda besar timnas bermain di Piala Dunia.

BTN ini dibentuk bersama dengan Komite Ad Hoc Suporter, dan Komite Ad Hoc Infrastruktur. Diputuskan dalam rapat Komite Eksekutif yang juga dihadiri dua waketum, Ratu Tisha dan Zainudin Amali di kantor GBK Arena, Jakarta pada Sabtu,18 Februari 2023.

Kata Erick, ini adalah rapat exco yang kedua setelah kongres luar biasa kemarin. Mereka membahas International Friendly Match U-20 yang sedang berlangsung dan peristiwa suporter di Semarang. 

"Kami juga memastikan pembentukan Badan Tim Nasional (BTN), yang mana kita harus memastikan kita punya agenda besar mau main di Piala Dunia," katanya.

Baca juga: Piala Dunia U-20, PR Terberat Erick Thohir

Dikatakan, India saja sudah punya blueprint 2023-2047, Indonesia kata dia, tidak boleh ketinggalan. 

"Karena itu salah satunya, BTN punya blueprint jangka panjang bagaimana persiapan timnas,” tuturnya.

Statuta

Seperti diketahui, sesuai dengan statuta FIFA dan juga PSSI, mempunyai empat belas komite. Tetapi boleh membuat komite ad hoc.

Terkait komite ad hoc suporter, kata Erick, isu dari transformasi sepak bola harus melibatkan juga suporter. 

Surat FIFA yang dikirimkan ke PSSI salah satunya juga bicara suporter. Itu sebabnya PSSI kata dia, harus memastikan suporter bisa pulang ke rumah dengan selamat. 

Baca juga: Pidato Perdana Sebagai Ketum PSSI, Erick: Kita Belum Menang

"Tetapi kita juga mengetuk hati para suporter kalau transformasi sepak bola kita mau bagus mereka pun harus menjadi bagian yang bertanggung jawab untuk perbaikan sepak bola Indonesia," tambahnya.

Sedangkan soal Komite Ad Hoc Infrastruktur, menurutnya hal tersebut penting untuk membangun training center untuk Timnas Indonesia.

"Insya Allah minggu depan kita akan mengirimkan tim untuk mulai melihat tanahnya," katanya.

Dikatakan, ini adalah bagian komitmen PSSI membangun training center bersama. Selain menanti pendanaan dari FIFA, PSSI juga akan coba mencarikan pembiayaan lainnya. 

"Insyaallah kalau memang kita serius, tahun depan training center ini sudah paling tidak punya empat lapangan latihan dan mungkin juga tempat pemusatan latihan para atlet," ungkapnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya