News Selasa, 19 September 2023 | 18:09

Demokrat Gabung KIM, PDIP: Demokrasi di Pemerintahan Jokowi Dibangun dengan Baik

Lihat Foto Demokrat Gabung KIM, PDIP: Demokrasi di Pemerintahan Jokowi Dibangun dengan Baik Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP, Hasto Kristiyanto. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebut  selama masa Pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, alam demokrasi di Tanah Air terbangun dengan baik.

Demikian disampaikan Hasto merespons bergabungnya Partai Demokrat dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"PDIP menghormati keputusan dari Demokrat. Ini menunjukkan bagaimana alam demokrasi itu dibangun dengan baik selama Pemerintahan Presiden Jokowi," kata Hasto di Kantor DPP PDI Perjuangan seperti mengutip catatan Antara, Jakarta, Selasa, 19 September 2023.

Kendati demikian, ia mengatakan bahwa PDI Perjuangan akan tetap menjalin komunikasi dengan Partai Demokrat. Komunikasi politik adalah hal yang melekat bagi partai dan pengambilan kebijakan memerlukan kerja sama antar-partai.

"Meskipun setiap partai memiliki referensi terkait dengan calon presiden, kami tetap melakukan komunikasi politik untuk membangun masa depan bangsa dan negara yang lebih baik, lebih maju, lebih berdaulat, dan berkeadilan," ujarnya.

PDI Perjuangan, lanjutnya, intens membangun komunikasi dengan Partai Demokrat sebelum partai tersebut memilih untuk bergabung dengan KIM.

Lebih lanjut, Hasto membantah anggapan bahwa kedua partai mengalami kebuntuan saat berkomunikasi.

"Tidak pernah ada `deadlock` (kebuntuan) karena politik ini selalu ada ruang titik temu, selalu ada ruang kerja sama meskipun capresnya berbeda," tuturnya.

Di sisi lain, ia mengisyaratkan bahwa narasi "perubahan" yang diusung Partai Demokrat menjadi faktor ketidakcocokan. Oleh sebab itu kerja sama koalisi di antara kedua pihak tidak terjalin.

"Perubahan kan dimaknakan antitesa (antitesis, red.) Pak Jokowi," ucap Hasto.

Partai Demokrat memberikan dukungan secara resmi kepada bakal calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto untuk maju sebagai bakal capres pada Pilpres 2024.

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menyampaikan dukungan itu secara langsung kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu, 17 September 2023.

Deklarasi resmi Partai Demokrat mendukung Prabowo akan disampaikan secara langsung oleh AHY di hadapan para kader saat Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat pada Kamis, 21 September 2023 mendatang.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya