News Rabu, 19 Oktober 2022 | 15:10

Demokrat Pede AHY Penuhi Syarat Jadi Cawapres Anies Baswedan, Herzaky Klaim Ada Bonusnya

Lihat Foto Demokrat Pede AHY Penuhi Syarat Jadi Cawapres Anies Baswedan, Herzaky Klaim Ada Bonusnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP Demokrat, Jakarta, Jumat, 7 Oktober 2022. (foto: Antara/Boyke Ledy Watra)

Jakarta - Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengklaim bahwa Ketum Agus Harimurti Yudhoyono memenuhi syarat cawapres yang diinginkan Anies Baswedan.

Demikian disampaikan Herzaky merespons tiga kriteria cawapres yang diinginkan capres dari Partai NasDem tersebut.

Bersamaan dengan itu, Partai Demokrat yang tengah menjajaki koalisi dengan NasDem menyebut AHY memenuhi syarat sebagai cawapres Anies.

"Pembahasan terkait cawapres, seperti yang kami sampaikan kemarin, baru pada kriteria. Belum pada nama. Kriterianya seperti yang disampaikan Pak Anies itu. Pada kriteria itu, AHY memenuhi syarat," kata Herzaky dalam keterangannya, Rabu, 19 Oktober 2022.

"Satu, punya elektabilitas. Pada berbagai macam survei, simulasi pasangan Anies AHY unggul. Dua, AHY punya parpol dan suara di parlemen. Tiga, bisa diandalkan sebagai dwi tunggal di pemerintahan," sambungnya.

Dia berpandangan, AHY juga memiliki keunggulan lainnya. Menurutnya, rakyat menganggap AHY sebagai pemimpin yang bisa membawa representasi perubahan.

"Bonusnya, AHY itu dianggap rakyat pemimpin representasi perubahan, lulusan Harvard dalam bidang public administration, punya latar belakang militer, dan bebas dari korupsi," ujarnya.

Meski demikian, dia mengaku tak mempermasalahkan cawapres Anies berasal dari partai politik atau bukan karena berfokus pada kemenangan.

"Mau capres-cawapres itu berasal dari parpol atau bukan, tidak jadi soal buat kami, asalkan menang. Itu tujuan utama kami, kemenangan," tuturnya.

Lebih lanjut, Koordinator juru bicara DPP Partai Demokrat ini menjelaskan bahwa hingga sekarang partainya masih bekerja untuk menyiapkan strategi pemenangan.

Dia menyebut Demokrat memperhitungkan secara matang semua strategi, teknik, dan sumber daya untuk mencapai kemenangan.

"Demokrat tentu ingin menang. Yang mau kami lawan ini, tidak bisa dianggap enteng. Maka, semua strategi, teknik, dan taktik, termasuk sumber daya, kami hitung secara matang," ucap Herzaky.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya