Daerah Kamis, 04 Agustus 2022 | 14:08

Densus 88 Tangkap Koordinator Teroris Jaringan JI Wilayah Aceh

Lihat Foto Densus 88 Tangkap Koordinator Teroris Jaringan JI Wilayah Aceh Densus 88 Antiteror Polri menangkap lima terduga teroris. (Foto: Ilustrasi)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Koordinator Teroris Wilayah Aceh Jaringan Jemaah Islamiyah (JI) berinisial ISA (37) ditangkap Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror di Kantor Desa Sidodadi, Kecamatan Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang, Rabu, 3 Agustus 2022.

Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy membenarkan penangkapan satu lagi terduga teroris yang merupakan Qoid Korda Wilayah Aceh jaringan JI sebagaimana laporan yang diterima dari Kasatgaswil Aceh Densus 88 AT.

"Jadi dalam struktur JI, ISA menjabat sebagai Korda Aceh. Di samping itu dia juga Ketua FKPP Sumbagut Wilayah Aceh Tamiang dari tahun 2010 sampai sekarang," kata Kombes Pol Winardy, Rabu, 3 Agustus 2022.

Selain itu, sambungnya, ISA pernah mengikuti Turba FKPP Sumatra Utara-Aceh yang disabotase dengan pelatihan guru pesantren di Villa Gundaling, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Tanah Karo, Sumatra Utara pada tahun 2010-2011 lalu.

"Teroris yang ditangkap ini merupakan koordinator dan memiliki peran penting dalam struktur JI. Saat ini dia diamankan ke Rutan Polda Sumut untuk dilakukan pemeriksaan intensif," ujarnya.

Dengan ditangkapnya ISA, lanjutnya, maka total terduga teroris yang sudah diamankan dari berbagai wilayah di Aceh adalah 15 orang, baik kelompok Jamaah Islamiah (JI) maupun Anshorut Daulah (AD).

Rinciannya, di Kabupaten Aceh Tamiang 10 orang, yaitu DN (JI), SY (JI), JU (JI), RS (JI), FE (JI), ES (JI), RU (JI), MU alias AL (JI), A alias S alias E (JI), dan terakhir adalah ISA (JI) yang merupakan Koordinator Wilayah Aceh. Ditangkap di Banda Aceh, AK (JI) dan MR (AD). Kemudian di Bireuen MH (JI), Aceh Utara MS (AD), dan Langsa MA (JI).[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya