Hiburan Jum'at, 29 Desember 2023 | 14:12

Deretan Selebritas Meninggal Dunia Sepanjang 2023

Lihat Foto Deretan Selebritas Meninggal Dunia Sepanjang 2023 Mantan gitaris Dara Puspita, Lies AR. (Foto: X/Adib Hidayat)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Tahun 2023 yang segera berakhir menyisakan banyak cerita suka dan duka dari jagat hiburan Tanah Air. Sepanjang tahun, deretan figur publik dari berbagai lini industri showbis tercatat berpulang atau meninggal dunia.

Deretan tokoh dari kancah perfilman, teater, musik dan selebritas wafat meninggalkan catatan sejarah dengan nama besar serta karyanya yang akan dikenang sepanjang masa.

Berikut deretan selebritas yang meninggal dunia sepanjang tahun 2023:

1. Nani Wijaya

Aktris senior Nani Wijaya mengembuskan nafas terakhir di usia 81 tahun pada 16 Maret 2023, setelah sempat dilarikan ke RS Fatmawati, Jakarta Selatan usai mengalami sesak napas.

Lahir di Cirebon, Jawa Barat, pada 10 November 1944, Nani Wijaya dikenal publik sebagai seorang aktris anggota Golden Girls, yang terdiri atas Ida Kusumah, Connie Sutedja, dan Rina Hassim.

Karya film dan serialnya, semisal Darah Tinggi, Di Balik Dinding Sekolah hingga serial Bajaj Bajuri, menjadi favorit banyak orang.

2. Iqbal Pakula

Aktor Mohamad Iqbal atau lebih dikenal sebagai Iqbal Pakula meninggal dunia dalam usia 46 tahun usai dirawat di Rumah Sakit Siloam, Semanggi, Jakarta pada 25 April 2023 lalu.

Dia dikenal publik sebagai aktor kawakan dengan deretan judul film dan serial yang dibintanginya, antara lain The Fabulous Udin, Bukan Cinta Malaikat, Tukang Bubur Naik Haji the Series, Pintu Berkah hingga Kembalinya Raden Kian Santang.

Potret Nani Wijaya semasa hidup. (Foto: Opsi/Istimewa)

3. Eeng Saptahadi

Meninggal dunia dalam usia 65 tahun pada 21 Mei 2023 di RS Primaya, Bekasi, Eeng Saptahadi dikenal publik sebagai salah satu aktor senior dengan sederet prestasi.

Lahir di Indramayu pada 15 Februari 1958, pemilik nama asli Muhammad Jueri Saptahadi itu memulai debutnya di kancah perfilman pada 1983 lewat film populer berjudul Senjata Rahasia Nona.

Setelahnya, nama Eeng Saptahadi mulai menghiasi layar bioskop dan televisi lewat deretan judul sinetron dan film semisal Losmen.

4. Carlo Saba

Vokalis sekaligus salah satu pendiri grup band Kahitna, Carlo Saba, meninggal dunia dalam usia 54 tahun pada Rabu malam, 19 April 2023 sekitar pukul 21.00 WIB.

Carlo Saba merupakan penyanyi berdarah Nusa Tenggara Timur (NTT) kelahiran 5 Januari 1968. Dia dikenal publik sebagai salah satu vokalis Kahitna bersama Hedi Yunus dan Mario Ginanjar.

Selain berkarier bersama Kahitna, Carlo juga sempat mendirikan grup musik bersama saudara-saudaranya, yakni Marthin Saba, Denny Saba dan Ivan Saba.

5. Lies AR

Gitaris grup musik perempuan legendaris Indonesia, Dara Puspita, Lies Soetisnowati Tromp atau yang lebih dikenal dengan nama pentas Lies AR, meninggal dunia dalam usia 77 tahun pada Minggu, 17 September 2023.

Jenazah Lies AR, rencananya bakal di bawa ke Belanda untuk dikebumikan di sana. Keputusan tersebut diakui kedua anaknya lantaran sang bunda memang telah lama tinggal di Negeri Kincir Angin, selama berpuluh tahun terakhir.

Bintang film, Kiki Fatmala. (Foto: Instagram/qq_fatmala)

6. Kiki Fatmala

Bintang film Kiki Fatmala meninggal dunia dalam usia 56 tahun, pada Jumat pagi, 1 Desember 2023. Kabar duka ini, diumumkan pihak keluarganya melalui unggahan di akun media sosial resmi sang artis.

Lahir pada 14 Agustus 1967, Kiki Fatmala dikenal publik sebagai aktris yang banyak berperan di sejumlah judul film layar lebar pada media 1980an hingga 2000an. Belakangan, perempuan yang pernah menjadi Warkop Angel itu juga kerap membintangi beberapa sinetron.

Pada tahun 2021 silam, Kiki Fatmala mengatakan lewat postingan di media sosial bahwa dirinya telah mendapat vonis kanker paru-paru oleh dokternya. Saat itu, ia bilang bahwa vonis tersebut amat sangat mengubah hidupnya.

7. Nano Riantiarno

Pendiri Teater Koma Nano Riantiarno meninggal dunia pada Jumat, 20 Januari 2023 sekitar pukul 07:00 di rumah kediamannya.

Nano lahir pada 6 Juni 1949. Wafat pada usia 74 tahun. Sebelum wafat, Nano dikabarkan sempat mendapat perawatan di ICU RS Dharmais.

Baca juga: Mantan Korwil II PP GMKI Saut Bangkit Purba Meninggal Dunia

Baca juga: Meninggal Dunia, Jenazah Lies AR Eks Gitaris Dara Puspita Dibawa ke Belanda

Dia menjalani operasi tumor di paha awal November 2022 dan tumor kemudian merambat ke paru mengakibatkan sesak napas.

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya