Hiburan Minggu, 27 November 2022 | 11:11

Dewi Dee Lestari Rangkum Kesedihan di Single Berduka

Lihat Foto Dewi Dee Lestari Rangkum Kesedihan di Single Berduka Penulis novel sekaligus penyanyi, Dewi Dee Lestari. (Foto: Trinity Optima Production)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Penyanyi Dewi Dee Lestari merangkum kesedihan mendalam atas rasa kehilangan lewat single terbarunya yang diberi judul Berduka. Tembang ini, ditulis dengan cepat dan rampung empat hari sebelum suaminya, Reza Gunawan, jatuh sakit dan meninggal dunia.

Lewat keterangan tertulisnya, Dee mengatakan bahwa lagu ini mengangkat tentang rasa dan proses dari kesedihan secara mendalam, yakni fase ketika manusia tidak kuat menahan sedih dan tidak cukup tangguh untuk menjadi tabah.

"Reza sudah sempat menuliskan chord-nya, merekam piano dasarnya, tapi belum sempat dijadikan demo," kata Dee Lestari, dikutip Opsi pada Minggu, 27 November 2022.

"Dia sempat bilang, `Saya jadi tahu apa yang kamu rasakan kalau saya tidak ada`. Ketika Reza akhirnya berpulang, saya merasa terpanggil untuk mewujudkannya menjadi sebuah karya rekaman. Lalu, saya mengontak Andi Rianto, yang seketika menyanggupi. Ide ini juga disambut baik oleh Trinity Optima Production," tuturnya.

Penulis novel sekaligus penyanyi, Dewi Dee Lestari. (Foto: Trinity Optima Production)

Dalam proses penggarapan demo lagu Berduka, Dee Lestari dibantu oleh Ifa Fachrir. Sementara aransemen finalnya dibuat Andi Rianto kemudian, dengan sesi strings yang direkam live oleh Ava Victoria.

Rekaman lagu ini dilakukan di Studio 168 bersama Fay Ismail dan pengarah vokal sekaligus A&R Trinity Optima Production, Barsena Bestandhi. Lagu ini pun diisi klarinet oleh Andreas Arianto, yang juga mengisi klarinet untuk lagu Reza yang berjudul Selalu Di Sini.

Dee bilang, proses mixing dikerjakan oleh Stevano dan mastering oleh Dimas Pradipta. Tak ketinggalan, foto artwork digarap oleh Davy Linggar.

"Mereka semua ini adalah orang-orang yang berkawan baik dan pernah bekerja sama dengan Reza. Jadi, saya merasa proses pengerjaan Berduka ini, selain sangat lancar, juga sangat personal," tutur Dee Lestari.

Single Berduka, kata Dee, mengungkapkan perasaan ketika manusia sedang rapuh-rapuhnya dan ingin berserah sepenuhnya kepada kesedihan.

Lagu ini merupakan sebuah pengalaman yang dilalui semua orang secara universal, momen ketika mereka yang berduka diharapkan untuk menjadi kuat dan tabah.

Dee Lestari merasa, semua manusia akan tiba pada titik ini pada akhirnya. Maka dari itu, ia menciptakan Berduka untuk menghargai fase kedukaan, begitu juga proses kesembuhan manusia dari duka itu sendiri.

Baca juga: Karakter Filosofi Kopi Dibawa ke Arena Laga di Film Ben & Jody, Dee Lestari Merespons

Baca juga: Reza Gunawan, Suami Dee Lestari Meninggal Dunia

Saat ini, single Berduka milik Dee Lestari sudah dapat didengarkan di berbagai platform pemutar musik digital. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya