Daerah Minggu, 19 Desember 2021 | 12:12

Dewi Siundol, Harimau Sumatera yang Masuk Perangkap di Padang Lawas

Lihat Foto Dewi Siundol, Harimau Sumatera yang Masuk Perangkap di Padang Lawas Harimau Sumatera yang diberi nama Dewi Siundol, diperiksa oleh tim medis. (Foto: Opsi/BBKSDA Sumatera Utara)
Editor: Andi Nasution

Medan - Seekor Harimau Sumatera yang masuk ke dalam perangkap jebak di Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara, diberi nama penandaan Dewi Siundol .

Kini harimau tersebut sudah dievakuasi ke Sanctuary Harimau Sumatera Barumun di Desa Batu Nanggar, Kecamatan Batang Onang, Kabupaten Padang Lawas Utara.

"Harimau Sumatera yang masuk dalam perangkap jebak ini, diberi nama penandaan Dewi Siundol ," kata Pelaksana Tugas Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Irzal Azhar dalam siaran pers diterima Opsi, Minggu, 19 Desember 2021.

Irzal menambahkan, nama Siundol diberi sesuai dengan lokasi atau desa tempat harimau tersebut masuk perangkap yaitu di Desa Siundol.

"Raja hutan ini berjenis kelamin betina, diperkirakan berusia di atas 6 tahun (dewasa), dengan berat 73 kilogram. Kini Dewi Siundol masih dalam pemeriksaan tim medis gabungan," tuturnya.

Sebelumnya, usai sebulan lebih berkonflik dengan warga Kabupaten Padang Lawas (Palas), seekor Harimau Sumatera akhirnya masuk dalam perangkap jebak, Kamis, 16 Desember 2021 sekitar pukul 12:15 WIB.

Saat itu petugas kembali melakukan pengecekan di 3 lokasi kandang jebak yang dipasang masing-masing di Desa Hutabargot, Desa Pagaranbira Jae dan Desa Siundol.

Petugas yang melakukan pengecekan mendapati seekor Harimau Sumatera sudah berada dalam kandang jebak ketiga di Desa Siundol, Kecamatan Sosopan, Padang Lawas. ()

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya