Daerah Selasa, 14 November 2023 | 19:11

Dibuka Wapres Ma'ruf Amin, Wali Kota Siantar Hadiri Peringatan Hari Perempuan

Lihat Foto Dibuka Wapres Ma'ruf Amin, Wali Kota Siantar Hadiri Peringatan Hari Perempuan Peringatan Hari Perempuan di Istora Senayan Jakarta, pada Selasa, 14 November 2023. (Foto: istimewa)

Siantar - Wali Kota Pematang Siantar, Susanti Dewayani menghadiri Peringatan Hari Perempuan yang diikuti 7 ribu perempuan berbagai profesi, kalangan, dan usia di Istora Senayan Jakarta, pada Selasa, 14 November 2023.

Kegiatan itu dibuka Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Pada kesempatan itu, Wapres Ma’ruf Amin meminta perempuan Indonesia untuk terus mengembangkan talenta yang dimiliki di bidang sosial dan politik.

Sebab, lanjutnya, pemikiran dan gagasan perempuan dalam ruang publik dibutuhkan demi kemaslahatan masyarakat.

"Geliat keterwakilan perempuan di panggung politik semakin terasa. Iklim demokrasi kita menyediakan peluang yang lebar bagi perempuan untuk ikut berkonsentrasi dalam pemilu. Melalui pilkada, cukup banyak perempuan terpilih sebagai kepala daerah," kata wapres.

Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati menjelaskan peringatan Hari Ibu untuk bangsa Indonesia bukanlah Mother’s Day, yang didasarkan momentum diselenggarakannya Kongres Perempuan pertama tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta.

Terkait hal itu, Wali Kota Pematang Siantar, Susanti Dewayani menyampaikan apresiasi dan bangga atas keterlibatan perempuan dalam demokrasi dan pembangunan bangsa.

Ia mengungkapkan, dalam pembangunan bangsa, peran strategis perempuan harus juga diperhatikan dan diperhitungkan, mengingat banyaknya tokoh nasional, pahlawan yang juga adalah perempuan.

"Saya hadir juga sebagai mewakili perempuan-perempuan tangguh dari seluruh kalangan lintas profesi di Pematang Siantar," ujar Susanti.

Susanti pun berpesan, perempuan mampu mengemban peranan strategis di dalam pemerintahan.

Ia juga menjelaskan perempuan merupakan sosok yang tangguh dan berdaya. Sosok yang menjadi penopang di setiap lini, baik keluarga, organisasi, bahkan pemerintahan.

Wali kota mengaku terkesima banyaknya perempuan-perempuan tangguh hadir demi membangun kemajuan bangsa.

Ia juga mengajak perempuan di seluruh Indonesia maupun di Kota Pematang Siantar agar terus mengembangkan talenta dalam segala aspek kehidupan.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya