Daerah Senin, 25 Juli 2022 | 16:07

Digelar Selama Lima Hari, Cuan Rp 605 Juta Berputar di Festival Kuliner Medan

Lihat Foto Digelar Selama Lima Hari, Cuan Rp 605 Juta Berputar di Festival Kuliner Medan Wali Kota Bobby Nasution didampingi Ketua TP PKK Kahiyang Ayu mengunjungi stan di Festival Kuliner Medan. (Foto: Opsi/Istimewa)
Editor: Andi Nasution

Medan - Didampingi Ketua TP PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu, Wali Kota Bobby Nasution menutup Festival Kuliner 2022 The Kitchen of Asia di Jalan Masjid Raya Al Mashun Medan, Minggu 24 Juli 2022.

Antusiasme masyarakat mengunjungi even yang menghadirkan kuliner khas Kota Medan dan Asia ini cukup tinggi, terbukti selama lima hari perhelatan ini digelar transaksi keuangan mencapai Rp 605.778.000.

Sebelum kegiatan ini ditutup, festival kuliner yang berlangsung mulai 19-24 Juli ini diikuti 78 stan dan 6 food truck yang terdiri dari Western sebanyak 6 stan, Korean (8 stan), Thailand (4 stan), Japanese (5 stan), Malaysian (3 stan), Taiwan (2 stan), Indian (3 stan), Singapore (2 stan), Arabian (4 stan) dan Nusantara (37 stan).

Di hadapan ratusan para pengunjung yang hadir, Bobby Nasution berharap agar festival kuliner ini dapat mengedukasi para pelaku UMKM yang bergerak di bidang kuliner, agar dapat menjaga dagangannya sehingga senantiasa higienis dan layak konsumsi bagi para konsumen yang membelinya.

Menurut Bobby, memasak itu tidak hanya menghidupkan kompor dan memasukkan bahan makanan ke dalam panci atau penggorengan, tetapi juga harus ada tata cara dan etika yang harus diperhatikan, terutama menyangkut higienis dan kebersihan yang harus dijaga.

"Tata cara memasak, termasuk higienis dan kebersihan tidak terlepas dari nilai produk yang dihasilkan. Oleh karenanya, saya berharap agar festival kuliner ini tidak hanya menumbuhkan tingkat perekonomian, tapi juga dapat mengedukasi para pedagang untuk senantiasa menjaga higienis dan kebersihan dagangannya," pesannya.

Sebelumnya, Bobby Nasution sempat berdialog dengan dua pedagang. Dari kedua pedagang ini, mereka berharap agar Pemko Medan terus memfasilitasi sehingga UMKM di Kota Medan, terutama kuliner bisa bangkit dan berkembang.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Pak Wali Kota atas digelarnya festival kuliner ini. Oleh karenanya kami berharap agar even seperti ini dapat digelar rutin," ungkap salah seorang pedagang.

Sebagai bentuk dukungan kepada para pedagang, Ketua TP PKK Kahiyang Ayu selanjutnya memberikan bantuan modal kepada kedua pedagang tersebut masing-masing sebesar Rp 5 juta.

Pengunjung pun langsung memberikan aplaus atas bantuan yang diberikan oleh putri Presiden Joko Widodo itu. Di samping itu, Kahiyang Ayu juga membagikan hadiah bagi pemenang sejumlah kegiatan.

Kadis Pariwisata Kota Medan, Agus Suriyono dalam laporannya menjelaskan, selama lima hari even berlangsung, transaksi keuangan yang terjadi sebesar Rp 605.778.000.

"Perinciannya hari pertama sebesar Rp 62.067.000, hari kedua Rp 67.718.000, hari ketiga Rp 103.796.000, hari keempat Rp 141.177.000 dan hari kelima Rp 231.560.000," terangnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya