Daerah Kamis, 14 Juli 2022 | 14:07

Dihadirkan pada HUT ke 482 Mamuju, Jepa Dibanjiri Penggemar

Lihat Foto Dihadirkan pada HUT ke 482 Mamuju, Jepa Dibanjiri Penggemar Pembuat Jepa yang diikutsertakan pada acara peringatan HUT Mamuju ke 482. (Foto: Opsi/Eka Musriang)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Dihadirkan pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Mamuju yang ke 482, salah satu makanan khas Mamuju, Jepa dibanjiri penggemar.

Terlihat sejumlah tamu undangan pada acara rapat paripurna peringatan HUT Mamuju yang digelar di gedung DPRD Kabupaten Mamuju, mengantri demi mendapat Jepa.

Pembuat Jepa, Suhaeda mengaku, selama acara peringatan HUT Kabupaten Mamuju di gedung DPRD berlangsung, dirinya sibuk melayani tamu yang memesan jepa buatannya.

"Banyak yang suka. Sejak tadi pagi, saya sibuk melayani tamu yang ingin makan Jepa," kata Suhaeda, saat diwawancarai wartawan, Kamis, 14 Juli 2022.

Ia memaparkan, Jepa terbuat dari sagu dan ubi kayu. Untuk membuatnya, harus ada cetakan khusus yang terbuat dari tanah liat.

Sagu dan ubi dicampur dengan kelapa muda yang diparut, lalu dimasukan ke dalam cetakan. Selanjutnya, cetakan yang terbuat dari tanah liat itu dibakar di tungku khusus yang juga terbuat dari tanah liat.

Suhaeda terlihat sangat senang lantaran makanan tradisional yang diproduksinya diikutsertakan dalam HUT Kabupaten Mamuju. Selama ini, dia hanya berjualan jepa di pasar.

"Diikutkannya Jepa sebagai salah satu pengisi stand dalam perayaan HUT Mamuju menjadi kebanggan tersendiri bagi saya. Dengan seringnya Jepa diikutkan dalam setiap kegiatan, maka ke depannya Jepa akan semakin digemari oleh masyarakat Indonesia," kata Suhaeda.

Untuk diketahui, Jepa merupakan salah satu makanan tradisional khas Mamuju, Sulbar. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya