Daerah Kamis, 18 Agustus 2022 | 15:08

Dikritik Akmal, Akhirnya Stadion Manakarra Mamuju Sulawesi Barat Dibersihkan

Lihat Foto Dikritik Akmal, Akhirnya Stadion Manakarra Mamuju Sulawesi Barat Dibersihkan Pembersihan stadion Manakarra, Mamuju, Sulbar. (Foto: Opsi/ist)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Mamuju - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Mamuju akhirnya melakukan pembersihan stadion Manakarra, Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar).

Puluhan personel DLHK Mamuju dengan bantuan alat berat milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar dikerahkan untuk melakukan pembersihan stadion tersebut.

Kapala DLHK Kabupaten Mamuju, Hamdan Malik mengungkapkan, sebanyak 90 personel kebersihan dibantu 10 personel dari Pemprov Sulbar diterjunkan untuk bersama-sama membersihkan stadion.

"Sudah seminggu ini kami membersihkan berdasarkan perintah Bupati Mamuju, Siti Sutinah Suhardi," kata Hamdan, saat dikonfirmasi wartawan, Kamis, 18 Agustus 2022.

Ia juga mengungkapkan, selanjutnya penanganan kebersihan di stadion Manakarra akan dikerjakan DLHK Mamuju.

"Kami akan melakukan pembersihan secara bergiliran dan kami sudah programkan itu," katanya.

Dia menambahkan, sebanyak 18 unit alat pemotong rumput milik Pemkab Mamuju dan 10 unit milik Pemprov Sulbar digunakan dalam pembersihan tersebut.

"Dua mobil dan 12 sepeda motor digunakan untuk membuang sampah," kata Hamdan.

Terlihat, beberapa titik di dalam stadion yang sebelumnya ditumbuhi belukar sudah bersih, begitu juga yang terlihat di bagian tribun penonton sudah tak ada lagi rumput liar.

Sebelumnya, stadion Manakarra, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), terlihat tidak pernah dirawat.

Padahal, stadion tersebut bakal menjadi tempat digelarnya Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulbar ke IV yang rencananya akan berlangsung akhir tahun ini.

Hal tersebut terlihat saat Penjabat (Pj) Gubernur Sulbar, Akmal Malik, melakukan peninjauan stadion tersebut, Selasa, 16 Agustus 2022.

Terlihat, Akmal menggelengkan kepalanya saat melihat kondisi stadion yang berada tepat di ibu kota provinsi ke 33 itu.

Bahkan, Ia menegur Sekrertaris Daearah (Sekda) Mamuju, Suaib Kamba, lantaran kondisi stadion yang tidak terawat.

Terlihat Akmal marah-marah sambil menunjuk ke arah tribun, tempat duduk penonton yang sudah ditumbuhi rerumputan dan pohon.

"Ini tribun loh pak, tempat nonton orang, apa waktu tribunnya dibangun pohon ini sudah ditanam?," kata Akmal.

Akmal mengungkapkan, stadion yang menjadi kebanggaan masyarakat Mamuju tersebut bisa masuk rekor dunia lantaran bisa ditempati berkebun.

"Bayangkan stadion kok bisa ditumbuhi pohon," katanya.

Sehingga, kata dia, pihaknya akan turut membantu pembenahan Stadion Manakarra, Mamuju, Sulbar, yang kini tidak terawat.

"Saya sangat risau melihat stadion yang dipenuhi rumput dan tidak diperhatikan. Padahal selalu digunakan untuk aktivitas olahraga," kata Akmal.

Akmal pun meminta Pemkab Mamuju segera membersihkan rumput yang tumbuh di dalam, bahkan di sekitar kawasan Stadion Manakarra, Mamuju Sulbar.

"Saya kira bisa dibersihkan secara gotong royong, karena Jumat stadion akan digunakan berolahraga bersama," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya