News Rabu, 01 Juni 2022 | 21:06

Dilantik sebagai Ketum, Chrysmon Gultom: IMTSI Komitmen Kawal Pembangunan IKN Nusantara

Lihat Foto Dilantik sebagai Ketum, Chrysmon Gultom: IMTSI Komitmen Kawal Pembangunan IKN Nusantara Pelantikan Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia (PP IMTSI) periode 2022-2024, Chrysmon Wifandy Gultom. (Foto:Istimewa)

Jakarta - Pengurus Pusat Ikatan Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia (PP IMTSI) menggelar serah terima jabatan dan pengukuhan pengurus atas hasil Kongres Nasional ke-VII yang mempercayakan Chrysmon Wifandy Gultom sebagai Ketua Umum Periode 2022-2024.

Proses sertijab ini dihadiri seluruh kader dan alumni IMTSI, dan diawali dengan seminar.

Chrysmon mengatakan, berdirinya IMTSI dilandaskan pada prinsip Tri Dharma Perguruan Tinggi. Harapannya organisasi ini mampu menjadi bagian penting dalam mengejawantahkan keilmuannya di tengah-tengah kehidupan sosial.

"Dengan bangga dan hormat, kami memperkenalkan IMTSI yang siap menjadi pendorong terciptanya pembangunan infrastruktur yang berkualitas," kata Chrysmon mengutip keterangan tertulisnya, Rabu, 1 Juni 2022.

Menurutnya, rencana pemindahan Ibu Kota Negara di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo harus betul-betul dikawal melalui kajian disiplin ilmu seluruh kader IMTSI.

Sebab, kata dia, pemindahan Ibu Kota Negara bukanlah hal yang mudah. Tetapi harus penuh kesiapan terhadap pemberdayaan SDM, dan siklus proyek harus diterapkan.

Dalam sesi seminar, hadir Hokkop Situngkir dan Sahat Sinurat sebagai narasumber.

Hokkop Situngkir yang juga alumni ITB ini berharap, IMTSI sebagai insan generasi yang mengisi ruang pembangunan harus memahami IKN Nusantara sebagai sebuah gambaran Indonesia sentris, yang di mana keterlibatan seluruh pihak terlihat sejak awal didengungkannya wacana pemindahan IKN.

"Kemajuan teknologi seperti BIM rencananya akan di aplikasikan dalam proses pembangunan IKN. Dan IMTSI harus memberikan pemikirannya tentang bagaimana menerapkan percepatan pembangunan yang ramah lingkungan," tutur Hokkop Situngkir.

Senada dengan Hokkop, Sahat Sinurat mengatakan bahwa dalam percepatan pertumbuhan nasional dan tol laut hadir sebagai pendorong infrastruktur.

"Teman-teman IMTSI pun harus melihat Indonesia sentris dalam seluruh sektor, baik dari darat, laut, maupun udara. Semoga IMTSI tetap berdiri sebagai mitra kritis pemerintah," tutur Sekretaris Umum GAMKI ini.

Dalam momen penyerahan SK kepengurusan IMTSI, Chrysmon mengatakan mulai hari ini hingga selanjutnya IMTSI pun akan melatih kompetensi seluruh kader agar dapat berkontribusi dalam proses pembangunan.

Terlebih dapat melakukan kunjungan proyek dan akan membentuk tim dari IMTSI sendiri dalam mengawal proses perencanaan hingga pelaksanaan pekerjaan pemindahan Ibu Kota Negara.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya