Daerah Kamis, 28 April 2022 | 18:04

Dilukis Perupa, Bollard depan Balai Kota Lebih Cantik dan Menarik

Lihat Foto Dilukis Perupa, Bollard depan Balai Kota Lebih Cantik dan Menarik Dilukis Perupa, Bollard depan Balaikota Cirebon lebih cantik dan menarik. (Foto: Opsi/Charles)
Editor: Yohanes Charles

Cirebon - Sekat Art Gallery berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon menggagas seni lukis bola batu trotoar (Bollard) di depan Balai Kota Cirebon. 

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian menuju pameran gambar “Sarekat Dagang Seni” pada 14 Mei 2022 nanti, sekaligus meramaikan Mei bulan menggambar Nasional serentak di seluruh Indonesia.

“Ini sejalan dengan tujuan dari Visi Kota Cirebon yaitu mewujudkan Cirebon sebagai kota kreatif berbasis budaya dan sejarah,” kata Kepala Disbudpar Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya usai meninjau lokasi tersebut. 

Masih kata Agus, pihaknya mengapresiasi kreativitas perupa Cirebon yang memberikan sentuhan kreatif terhadap fasilitas publik. Apalagi Balai Kota Cirebon yang merupakan etalase Kota Cirebon. 

“Bangga dengan kepedulian para perupa menjadikan wajah Kota Cirebon lebih cantik dan menarik,” ujarnya. 

Agus menyadari, banyak wisatawan lokal singgah di depan Balai Kota Cirebon pada malam hari. Mereka sengaja untuk berswafoto di salah satu bangunan berarsitektur kolonial peninggalan Belanda ini. 

“Setiap malam muda-mudi nongkrong di depan Balai Kota Cirebon. Apalagi saat akhir pekan banyak komunitas berkumpul di tempat tersebut,” jelas dia. 

Baca juga:

Bupati Cirebon dan Forkopimda Pantau Arus Mudik

Lukisan bollard, lanjutnya, akan menjadi spot swafoto baru bagi para pengunjung. Dia meminta, pengunjung merawat dan menjaga kebersihan di depan Balai Kota Cirebon, khususnya bollard yang sudah dibuat oleh para perupa Cirebon. 

“Kami titip jangan ada aksi vandalisme dan jaga kebersihan. Balai Kota Cirebon milik kita bersama, sudah seharusnya dijaga,” tegasnya.

Dia berharap, sinergitas yang telah terbangun menjadi langkah awal kolaborasi antar Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon dengan komunitas. Mereka akan menjadi inspirasi bagi komunitas lain untuk saling bersinergi membangun Kota Cirebon dan menjadikan destinasi wisata unggulan di Indonesia. 

“Semoga ini langkah awal para komunitas dan seniman bersinergi demi kemajuan Kota Cirebon,” ungkap dia. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya