Hiburan Selasa, 12 April 2022 | 03:04

Dinilai Nodai Academy Awards, Will Smith Diminta Kembalikan Piala Oscar

Lihat Foto Dinilai Nodai Academy Awards, Will Smith Diminta Kembalikan Piala Oscar Aktor Will Smith. (Foto: The Academy)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Aktor Harry Lennix menyarankan kepada Will Smith untuk mengembalikan Piala Oscar yang diraihnya lantaran melakukan penamparan kepada komedian Chris Rock di panggung Academy Awards.

Laman Variety melaporkan, dalam pernyataan tertulisnya Lennix menilai hal tersebut dapat mengembalikan integritas Oscar usai dinodai aksi kekerasan pada gelaran terakhirnya beberapa pekan lalu.

"Pada titik ini, satu-satunya orang yang dapat menebus integritas Oscar adalah Smith sendiri," kata Harry Lennix, dikutip Opsi pada Selasa, 12 April 2022.

"Smith perlu mengirimkan piala emasnya kembali ke Akademi dan secara terbuka menyatakan `Untuk menghormati 94 tahun kehormatan yang diberikan atas penghargaan ini, saya merasa tidak layak untuk menjadi penjaganya`," tutur dia.

Aktor Will Smith. (Foto: The Academy)

Lewat pernyataan yang sama, Harry Lennix berpendapat bahwa kejadian Smith yang menampar komedian Chris Rock di atas panggung Oscar telah merusak keseluruhan malam ajang penghargaan tersebut.

Oleh sebab itu, Smith pantas untuk mengembalikan piala yang dia dapatkan dalam kategori Aktor Terbaik atas perannya di film King Richard.

"Noda pada Motion Picture Academy tidak dapat dengan mudah diperbaiki. Satu-satunya harapan untuk anugerah yang dapat dibenarkan harus melibatkan Smith secara sukarela mengembalikan penghargaannya untuk aktor terbaik," kata Harry Lennix.

Sebelumnya, pihak the Academy juga diketahui telah memutuskan untuk melarang Will Smith hadir dalam segala acara yang berkaitan dengan Academy Awards selama 10 tahun ke depan.

Baca juga: Will Smith dan Daftar Lengkap Pemenang Piala Oscar 2022

Baca juga: Insiden Tampar Chris Rock, Will Smith Mundur dari Organisasi Film Hollywood

Keputusan tersebut akan berlaku sejak 8 April 2022 hingga 2032. Menanggapi keputusan dari pihak the Academy tersebut, Will Smith pun telah menyatakan menerima dan menyetujuinya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya