Hiburan Selasa, 18 Juli 2023 | 12:07

Diplomasi Budaya, 12 Bintang Musik Internasional Mentas di Prambanan Jazz Festival 2023

Lihat Foto Diplomasi Budaya, 12 Bintang Musik Internasional Mentas di Prambanan Jazz Festival 2023 Penampilan Gipsy King saat menjadi salah satu bintang utama Prambanan Jazz Festival 2023. (Foto: Rajawali Indonesia)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Pesta musik Prambanan Jazz Festival alias PJF ke-9 sukses dihelat selama enam hari dalam dua pekan, yakni sejak 7, 8, 9 dan 14, 15, 16 Juli 2023. Sejumlah artis musik hingga pelawak berbagi panggung dan menghibur para penonton.

Dihelat di salah satu situs sejarah kebanggaan Indonesia, Candi Prambanan, PJF 2023 mengusung tema Magical Experience yang memadukan mahakarya musik, budaya, seni pertunjukan dan tingginya apresiasi PJF Lovers yang hadir.

Founder Prambanan Jazz Festival sekaligus founder Rajawali Indonesia, Anas Alimi mengatakan bahwa pagelaran PJF 2023 merupakan upaya terbaiknya menghadirkan inovasi dalam penyelenggaraan sebuah festival musik.

"Luar biasa banyaknya konser musik dalam negeri maupun internasional, baik di Jakarta atau di kota lain," kata Anas Alimi, dikutip Opsi pada Selasa, 18 Juli 2023.

"Ini menjadi Best Effort dari kami, Prambanan Jazz Festival bahwa sebuah pagelaran musik festival bisa helat selama 2 weekend (6 Hari), dan ini baru pertama kali di Indonesia," ucap dia.

Penampilan Gemini saat mengentak panggung Prambanan Jazz Festival 2023. (Foto: Rajawali Indonesia)

Diplomasi budaya, diakui Anas selalu menjadi pesan utama dari Prambanan Jazz Festival. Hal itu terejawantah dengan hadirnya 12 bintang musik internasional yang mentas di enam hari penyelenggaraan PJF 2023.

"Kami memiliki cita cita bahwa Prambanan Jazz ini bisa menjadi sebuah diplomasi budaya di tingkat dunia dan kali ini selama 6 hari menghadirkan 12 artis internasional, dan bisa dilihat bagaimana semua (artis internasional) excited, bagaimana semua happy melihat sebuah tempat (Candi Prambanan) yang sangat cantik bahkan mereka mengatakan ini satu satunya di dunia," katanya.

12 Internasional yang telah menjadi saksi sejarah Prambanan Jazz Festival tahun ini meliputi, Scott Bradlee`s Postmodern Jukebox, Lukas Graham, Eric Benét, Faouzia, Gipsy Kings by Andre Reyes, Vertical Horizon, BOND, Conor Maynard, Tunde (Voice of Lighthouse Family), Seafret, Lucky Chops dan Gemini.

Penampilan Gipsy King saat menjadi salah satu bintang utama Prambanan Jazz Festival 2023. (Foto: Rajawali Indonesia)

Tema Magical Experience yang diusung sebagai tema PJF 2023 hadir dengan konsep yang spesial pada penampilan musisi yang menjadi line up tahun ini. Konsep kolaborasi yang dihadirkan di antaranya The Gentlemen (Fariz RM, Mus Mujiono, Deddy Dhukun, Tony Wenas feat. Prof. Adi Utarini), The Groove feat. Tiara Effendy.

Ada pula Krakatau feat. Andre Dinuth & Barry Likumahuwa, TBA feat. UN1TY, Humania Revival (The 30th Anniversary), Candra Darusman feat. Adikara Fardy & Aimee Saras, Klakustik dari Kla Project, Arsy Widianto feat. Tiara Andini, D’masiv Jazz Project.

Serta Denny Caknan, dan kolaborasi menarik dari Raja Dangdut Rhoma Irama dan Soneta feat. Trio Lestari (Tompi & Sandhy Sandoro) serta musisi lainnya.

Tak hanya itu, spesial konsep lainya seperti tampilnya musisi nasional seperti Tulus, dan Kahitna selama 3 kali.

Baca juga: Ardhito Pramono Isi Line Up Jazz Gunung Bromo 2023

Baca juga: Hadirkan Musisi Jazz Muda Indonesia, Konser A Jazz Moment: TOHPATI QUINTET Siap Digelar

Selain itu ada juga yang Tampil 2 kali seperti Maliq & D`essentials dan Dewa 19 dengan konsep kolaborasi yang featuring Virzha & Ello di pekan pertama dan bersama Ari Lasso & Virzha di pekan kedua sekaligus sebagai penutup Prambanan Jazz Festival 2023. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya