Daerah Rabu, 29 Juni 2022 | 11:06

Diresmikan Bobby Nasution, Patung Letjen Jamin Ginting Berdiri Kokoh di Medan

Lihat Foto Diresmikan Bobby Nasution, Patung Letjen Jamin Ginting Berdiri Kokoh di Medan Wali Kota Bobby Nasution menandatangani prasasti patung Letjen Jamin Ginting. (Foto: Istimewa)
Editor: Andi Nasution

Medan - Di tengah gerimis hujan yang terus mengguyur sejak Selasa 28 Juni 2022 pagi, Wali Kota Bobby Nasution meresmikan Patung Pahlawan Nasional Letjen Jamin Ginting di Jalan Jamin Ginting Kilometer 0 Kota Medan.

Kehadiran patung tokoh pejuang kemerdekaan yang menentang pemerintahan Hindia Belanda di Tanah Karo ini, diharapkan dapat menginspirasi warga Kota Medan akan perjuangan dan pengabdian yang dilakukan untuk bangsa dan negara.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti yang dilakukan Bobby Nasution didampingi Riahna Ginting, putri almarhum Letjen Jamin Ginting, Letjen (Purn) Amir Sembiring selaku Ketua Yayasan Jamin Ginting, Ketua DPRD Sumut, Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang.

Setelah itu dilanjutkan dengan penekanan tombol diikuti dengan pelepasan kain merah penutup patung.

Bobby mengatakan, kehadiran patung Letjen Jamin Ginting ini sangat baik bagi masyarakat. Sebab, sejarah perjalanan hidupnya yang dimulai bergerak dari Tanah Karo masuk ke Kota Medan sehingga membanggakan Sumatra Utara.

"Tidak hanya sampai disitu, kiprah beliau bisa sampai membanggakan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini tentunya menjadi penyemangat bagi masyarakat Kota Medan. Selama ini nama almarhum Letjen Jamin Ginting sudah sering didengar dan disebutkan, termasuk menjadi salah satu nama jalan di Kota Medan, bahkan salah satu jalan terpanjang.  Hari ini masyarakat sudah dapat melihat sosoknya melalui patung yang kita resmikan ini," kata Bobby.

Menantu Presiden Joko Widodo ini pun berharap seluruh masyarakat Kota Medan, agar apa yang dicita-citakan oleh yayasan maupun keluarga Letjen Jamin Ginting, bagaimana kiprah dan apa yang telah dilakukan untuk bangsa dan negara Indonesia, khususnya Kota Medan maupun Sumut agar bisa dipedomani oleh seluruh masyarakat.

Patung Letjen Jamin Ginting berdiri kokoh di Jalan Jamin Ginting Km 0 Kota Medan. (Foto: Istimewa)

Di kesempatan itu, tak lupa Bobby mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar almarhum Letjen Jamin Ginting karena sudah memberikan patung tersebut kepada Pemko Medan.

Untuk itu, kata Bobby, Pemko Medan akan menjaga apa yang telah diberikan, bukan hanya menjaga dalam bentuk fisik tetapi juga dalam bentuk cerita, sejarah dan semangat Pahlawan Nasional Letjen Jamin Ginting sehingga dapat diceritakan maupun disebarkan kepada masyarakat.

Riahna Ginting, mewakili keluarga besar almarhum Letjen Jamin Ginting menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wali Kota Medan yang telah menyetujui berdirinya patung tersebut di Jalan Jamin Ginting Km 0.

"Patung Pahlawan Nasional Letjen Jamin Ginting kami serahkan kepada Pemko Medan dan menjadi aset Pemko Medan, untuk dapat dikelola dengan baik," tuturnya. ()

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya