News Minggu, 22 Mei 2022 | 14:05

Dishub DKI: Antusiasme Warga Tinggi Ikuti Car Free Day di Jakarta

Lihat Foto Dishub DKI: Antusiasme Warga Tinggi Ikuti Car Free Day di Jakarta Ilustrasi Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jakarta. (foto: antara).

Jakarta - Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Agus Suherman menyebutkan, antusiasme warga nampak tinggi saat mengikuti Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jakarta, yang kembali dibuka setelah dua tahun sempat ditunda karena pandemi Covid-19.

Agus menuturkan CFD Minggu ini menjadi pengalaman baru kembali usai Presiden Joko Widodo (Jokowi) melonggarkan kebijakan terkait aturan pemakaian masker dengan memperbolehkan warga melepas masker di ruang terbuka.

"Kan dikatakan Pak Jokowi tidak berkerumun. Boleh lepas masker di ruang terbuka tapi tidak berkerumun," kata Agus kepada wartawan di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu, 22 Mei 2022.

Mengenai pengalihan arus kendaraan, Agus menyebutkan tidak ada kemacetan lalu lintas karena petugas telah menyiapkan enam lokasi CFD di Jakarta.

"Justru masyarakat egonya ke Thamrin-Sudirman semua," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan pihaknya memberlakukan kembali car free day pada sejumlah ruas jalan pada Minggu ini pukul 06.00-10.00 WIB.

"HBKB terbatas boleh dilakukan hanya untuk kegiatan olahraga," ujar Syafrin.

Syafrin memastikan CFD tidak ada kegiatan partisipan lain dan pedagang kaki lima yang berpotensi memunculkan kerumunan massa.

Pemprov DKI Jakarta menyiapkan enam lokasi CFD, yakni Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH Thamrin, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Tomang Raya, Jalan Danau Sunter Selatan, Jalan Suryopranoto, dan Jalan Pemuda. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya