Daerah Kamis, 10 Maret 2022 | 12:03

Disiram Hujan, Medan Banjir Lagi

Lihat Foto Disiram Hujan, Medan Banjir Lagi Hujan yang mengguyur kembali mengakibatkan banjir di sebagian wilayah Kota Medan sejak Rabu 9 Maret 2022 malam. (Foto: Istimewa)
Editor: Tigor Munte Reporter: , Andi Nasution

Medan - Sebagian wilayah Kota Medan, Sumatra Utara, kembali banjir setelah diguyur hujan pada Rabu 9 Maret 2022 malam.

Air diketahui mulai membanjiri pemukiman warga dan jalan pada Rabu sekitar pukul 23.30 WIB, disebabkan intensitas hujan yang tinggi, ditambah debit air yang cukup besar dari hulu yang mengakibatkan kenaikan Tinggi Muka Air Daerah Aliran Sungai (TMA-DAS) Sungai Deli, Babura, dan kurang berfungsinya drainase.

Berdasarkan data dari Pusdalops BPBD Kota Medan yang diperoleh Opsi pada Kamis, 10 Maret 2022, ada lima kelurahan di empat kecamatan yang terdampak banjir, terdiri dari 339 rumah/350 KK/ 1.074 jiwa.

Wilayah yang terdampak banjir di Kecamatan Medan Maimun yakni Kelurahan Aur, Lingkungan 3 dan 4 serta Kelurahan Sei Mati, Lingkungan 8 dan 9. Kecamatan Medan Selayang di Kelurahan Beringin, Lingkungan 6.

Baca juga: Merapi Luncurkan Awan Panas Sejauh 5 Km, 253 Jiwa Mengungsi

Di Kecamatan Medan Denai, Kelurahan Binjai Lingkungan 11 dan Kecamatan Medan Baru di Kelurahan Petisah Hulu.

Pusdalops BPBD Kota Medan pun terus melakukan pemantauan dan pendataan di lokasi banjir, berkordinasi dengan pihak lingkungan setempat.

Kemudian memonitor perkembangan dan cuaca dari BMKG, memantau perkembangan daerah aliran sungai (DAS) Kota Medan, memberikan imbauan kepada masyarakat agar tetap siaga apabila terjadi kenaikan debit air secara tiba-tiba.

Bahkan petugas juga standby personel dan peralatan di Posko Covid-19 Gedung Serbaguna Dharma Wanita, melakukan evakuasi warga di Jalan Menteng VII Gang Pembangunan, Kelurahan Binjai, Medan Denai sebanyak 10 orang (9 dewasa, 1 balita), serta memberikan bantuan makanan berupa nasi bungkus. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya