News Sabtu, 01 Januari 2022 | 21:01

Ditahan Imbang Indonesia 2-2, Thailand Juara Piala AFF 2020

Lihat Foto Ditahan Imbang Indonesia 2-2, Thailand Juara Piala AFF 2020 Selebrasi para pemain Thailand usai membobol gawang Indonesia (Foto: AFP/Roslan Rahman)
Editor: Rio Anthony

Singapura - Timnas Indonesia menahan imbang Thailand 2-2, pada leg 2 final Piala AFF 2020 (Piala AFF 2021) di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu 1 Desember 2021 malam WIB.

Dengan hasil ini, Timnas Thailand keluar sebagai juara Piala AFF 2020 dengan agregat 6-2 atas Indonesia.

Timnas Indonesia unggul terlebih dahulu pada menit ketujuh lewat tendangan keras mendatar Ricky Kambuaya dari luar kotak penalti yang gagal ditangkap dengan sempurna kiper Thailand Sirawak Tedsungnoen.

Gol bermula dari pergerakan Ramai Rumakiek di sisi kanan pertahanan Thailand. Bola kemudian di umpan ke Witan Sulaeman yang kemudian menyodorkan ke Ricky Kambuaya.

Ricky kemudian melepaskan tendangan keras dari luar kotak pinalti. Tendangan keras gelandang Persebaya itu tidak mampu ditangkap Siwarak.

Bola sempat di blok Siwarak kemudian meluncur ke pojok kiri gawang. Timnas Indonesia pun unggul 1-0 atas Thailand.

Memasuki babak kedua, Thailand mampu meningkatkan permainan dengan lebih banyak menekan Indonesia.

Pada menit ke-54, Thailand berhasil mencetak gol penyeimbang lewat tendangan Adisak Kraisom.

Bahkan, dua menit berselang Thailand berhasil membalikkan kedudukan menjadi 2-1 lewat gol Sarach Yooyen.

Pada menit ke-60, Indonesia mendapatkan peluang lewat Irfan Jaya usai meneruskan umpan Egy Maulana Vikri. Sayang, Irfan jaya terjatuh saat duel dengan Kritsada.

Pada menit ke-63, Indonesia kembali mendapatkan kesempatan lewat tandukan Alfeandra Dewangga usai meneruskan umpan crossing Pratama Arhan. Namun, sundulannya masih melenceng tipis di sisi kiri gawang Thailand.

Satu menit kemudian, giliran Hanis Saghara mendapatkan peluang yang baik. Sayang, tendangannya masih terlalu tinggi di atas mistar gawang Thailand.

Memasuki menit ke-80, Indonesia berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Egy Maulana Vikri.

Egy yang mendapatkan umpan dari Witan Sulaeman melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti yang tak mampu dibendung kiper Siwarak Tedsungnoen, skor pun berubah 2-2.

Tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga pertandingan babak kedua berakhir. Hasil imbang ini membuat Timnas Indonesia harus puas finis sebagai runner up Piala AFF 2020 setelah kalah agregat 2-6 dari Thailand. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya