Daerah Minggu, 19 Desember 2021 | 13:12

Ditemukan Beberapa Luka, Dewi Siundol Ditangani Tim Medis Gabungan

Lihat Foto Ditemukan Beberapa Luka, Dewi Siundol Ditangani Tim Medis Gabungan Harimau Sumatera yang diberi nama Dewi Siundol, diperiksa oleh tim medis. (Foto: Opsi/BBKSDA Sumatera Utara)
Editor: Andi Nasution

Medan - Harimau Sumatera diberi nama penandaan Dewi Siundol kini ditangani tim medis gabungan karena dibeberapa bagian tubuhnya terdapat luka.

"Keterangan tim medis menyebutkan, pada beberapa bagian tubuh Harimau Sumatera, seperti pada siku bagian kaki depan dan belakang, serta pada semua telapak kaki depan dan belakang terlihat luka, bahkan luka tersebut sebagian telah berbelatung," ujar Pelaksana Tugas Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Irzal Azhar dalam siaran pers diterima Opsi, Minggu, 19 Desember 2021.

Harimau Sumatera berjenis kelamin betina ini, kata Irzal, ditangani tim medis gabungan dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Yayasan Bodhicitta Mandala Medan dan drh Anhar Lubis.

"Tim medis berkesimpulan bahwa tingkat lukanya masif," kata Irzal.

Dia menambahkan, tindakan medis yang dilakukan terhadap Harimau Sumatera yang terlihat lemah ini, berupa pemasangan infus, pemberian antibiotik long acting, anti imflamasi, suporting, membersihkan luka yang berbelatung, antelmentik dan memulihkan kondisi.

"Tindakan lanjutan yang akan terus dilakukan adalah pemantauan/observasi, melakukan cek darah ke laboratorium dan pengobatan rutin pada luka. Lamanya waktu pemulihan dan penyembuhan diperkirakan lebih kurang 1-2 bulan dengan melihat perkembangan kondisi kesehatannya," terang Irzal.

Sebelumnya, usai sebulan lebih berkonflik dengan warga Kabupaten Padang Lawas (Palas), seekor Harimau Sumatera akhirnya masuk dalam perangkap jebak, Kamis, 16 Desember 2021 sekitar pukul 12:15 WIB.

Saat itu petugas kembali melakukan pengecekan di 3 lokasi kandang jebak yang dipasang masing-masing di Desa Hutabargot, Desa Pagaranbira Jae dan Desa Siundol.

Petugas yang melakukan pengecekan mendapati seekor Harimau Sumatera sudah berada dalam kandang jebak ketiga di Desa Siundol, Kecamatan Sosopan, Padang Lawas.

Setelah dievakuasi ke Sanctuary Harimau Sumatera Barumun di Desa Batu Nanggar, Kecamatan Batang Onang, Kabupaten Padang Lawas Utara, dan diperiksa kondisi kesehatannya, Harimau Sumatera ini diberi nama penandaan Dewi Siundol . ()

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya