Daerah Kamis, 21 April 2022 | 19:04

Ditlantas Petakan 56 Titik Rawan Kecelakaan Jalur Mudik Provinsi Aceh

Lihat Foto Ditlantas Petakan 56 Titik Rawan Kecelakaan Jalur Mudik Provinsi Aceh Sebanyak 47 pemudik akan menggunakan jalur darat pada Lebaran 2022. (Foto: Ilustrasi)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Aceh memetakan titik rawan kecelakaan di jalur mudik yang tersebar di 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh, jumlahnya mencapai 56 titik.

Direktur Lalu Lintas Polda Aceh Kombes Dicky Sondani memperkirakan, ada peningkatan arus kendaraan bermotor pada saat mudik lebaran 2022 di Provinsi Aceh dan pihaknya sudah menginventarisasi titik rawan kecelakaan di seluruh jalur atau jalan di Provinsi Aceh.

"Petugas nanti akan mendirikan pos di titik-titik rawan itu. Kita juga akan melakukan rekayasa lalu lintas di titik-titik tertentu," kata Dicky, Kamis, 21 April 2022.

Dia menyebut, rekayasa lalu lintas dilakukan dengan cara pemasangan lampu jalan, pemasangan pembatas jalan, garis kejut, dan lainnya untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Ketersediaan rambu-rambu lalu lintas juga tergolong rendah, baik kualitas maupun kuantitasnya. Oleh karena itu, akan dilakukan kerja sama dengan dinas perhubungan setempat terkait masalah rambu-rambu lalu lintas," ujarnya.

Dia berprediksi bahwa akan ada peningkatan arus kendaraan tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu, hal ini pasca pemerintah memberikan kelonggaran kepada masyarakat melakukan perjalanan mudik bagi yang telah divaksin dosis lengkap.

"Berbeda dengan tahun lalu ada pembatasan karena pandemi Covid-19. Kami prediksi puncak arus mudik di Aceh pada H-3 karena bersamaan kebijakan cuti bersama dikeluarkan oleh Pemerintah," ucap Dicky.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya