Daerah Jum'at, 12 Agustus 2022 | 04:08

DKUKMPP Kota Cirebon Segera Launching Festival Pekalipan

Lihat Foto DKUKMPP Kota Cirebon Segera Launching Festival Pekalipan Kepala DKUKMPP Kota Cirebon, Iing Daiman. (Foto: Opsi/Charles)
Editor: Yohanes Charles

Cirebon - Kota Cirebon akan miliki Festival Pusat Kuliner dan Aksi Kesenian (Pekalipan).

Festival Pekalipan diharapkan bisa menjadi tempat berbelanja, kuliner sekaligus lokasi wisata di Kota Cirebon.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil, Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon, Iing Daiman yang ditemui usai launching penggalangan dana PMI Kota Cirebon tahun 2022 di DPRD Kota Cirebon, Kamis 11 Agustus 2022 menjelaskan dalam waktu dekat mereka akan melakukan rebranding terhadap salah satu spot kuliner di Kota Cirebon.

“Yaitu kuliner yang ada di ruas Jalan Pekalipan,” tutur Iing.

Baca juga: Bupati Pemalang Dikabarkan Kena OTT, Begini Komentar Ganjar Pranowo

Dijelaskan Iing, saat ini Kota Cirebon belum memiliki pusat kuliner yang bisa dibranding. Dengan dibrandingnya pusat kuliner yang sudah ada di Jalan Pekalipan diharapkan nantinya bisa menjadi one stop shopping, one stop kuliner sekaligus one stop tourism.

“Kita ingin makan dan hiburan nanti ada di situ. Sehingga bisa menarik kunjungan wisatawan,” tutur Iing.

Baca juga: Pemkot Bandung Berkomitmen Rebranding SMP PGRI

Walaupun tidak ditunjang dana dari APBD, Iing menjelaskan mereka melibatkan ABGCM untuk terlaksananya kegiatan ini. Yaitu akademisi, pelaku bisnis, government (pemerintah), community (komunitas), dan media untuk merealisasikan Festival Pusat Kuliner dan Aksi Kesenian (Pekalipan) ini.

“Walau pun namanya festival, tapi bukan insidental. Kami berharap kegiatan disana lifetime,” tutur Iing.

Berbagai pihak, lanjut Iing, sudah mendukung adanya Festival Pekalipan ini. Bahkan mereka pun sudah menggelar dua kali focuss group discussion (FGD). Untuk FGD pertama melibatkan DKUKMPP, Dishub, Pol PP, hingga Bank Indonesia (BI) dan Bank BJB.

Untuk FGD kedua yang dipimpin langsung oleh Sekda Kota Cirebon lingkupnya lebih luas. Yaitu melibatkan camat, lurah, pengusaha, dan berbagai pihak yang ada di Jalan Pekalipan.

“Kami melakukan sosialisasi program dan pada prinsipnya semua mendukung adanya Festival Pekalipan ini,” tutur Iing.

Nantinya, lanjut Iing, kawasan Pekalipan akan dibuat lebih cantik dan menarik menggunakan gapura dan lampu-lampu hias yang menarik. Juga akan ada panggung hiburan yang didukung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dengan melibatkan seniman dan budayawan.

“Seniman dan budayawan akan performance disana,” tutur Iing.

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya