Daerah Senin, 03 Oktober 2022 | 12:10

Dosen Fapetkan Unsulbar Gelar Pelatihan Pengolahan Hingga Pemasaran Ikan Tuing-tuing

Lihat Foto Dosen Fapetkan Unsulbar Gelar Pelatihan Pengolahan Hingga Pemasaran Ikan Tuing-tuing Pelatihan pengolahan dan pemasaran produk Ikan Tuing-tuing (Ikan Terbang) yang dilakukan Dosen Fapetkan Unsulbar. (Foto: Opsi/ist)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Eka Musriang

Majene - Dosen Fakultas Peternakan dan Perikanan (Fapetkan) Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) menggelar pelatihan dengan menggandeng kelompok usaha pengeringan Ikan Tuing-tuing (Ikan Terbang).

Pelatihan tersebut berlangsung di Kelurahan Mosso, Kecamatan Sendana, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), Minggu, 2 Oktober 2022 kemarin.

Ketua Panitia Pelatihan, Muhammad Nur mengungkapkan, pihaknya memberikan pelatihan manajemen usaha Ikan Tuing-tuing kepada warga.

"Disini, potensi Ikan Tuing-tuing sangat melimpah," kata Muhammad Nur, saat dikonfirmasi wartawan, Senin, 3 Oktober 2022.

Ia juga mengungkapkan, pihaknya memberikan pelatihan dalam proses pengeringan dan pengemasan, hingga pemasaran secara digital.

"Seperti memanfaatkan market place, sosial media dan platform lainnya dengan jangkauan lebih luas," katanya.

Lanjut Muhammad Nur menjelaskan, pihaknya juga memperkenalkan inovasi alat pengeringan Ikan Tuing-tuing.

"Nantinya, alat ini bisa digunakan oleh warga untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas produk mereka," kata Muhammad Nur.

Ia berharap, produk Ikan Tuing-tuing asal Majene dapat menjangkau pasar yang lebih luas dengan keterampilan pelaku usaha dengan pengolahan yang higienis.

"Pelatihan ini dilakukan agar sumber daya Ikan Tuing-tuing dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya