News Rabu, 22 Juni 2022 | 11:06

DPR Desak Kementerian ESDM Memperbaiki Ekosistem Pertimahan

Lihat Foto DPR Desak Kementerian ESDM Memperbaiki Ekosistem Pertimahan Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto.(Foto:Istimewa)

Jakarta - Komisi VII DPR RI mendesak Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperbaiki ekosistem pertimahan. Perbaikan itu dengan membangun tata kelola dan tata niaga timah secara holistik.

Hal itu dikemukakan Ketua Komisi VII DPR Sugeng Suparwoto saat menggelar rapat dengan Dirjen Minerba, Kementerian ESDM di Kompleks DPR RI, Selasa, 21 Juni 2022.

"Komisi VII DPR RI mendorong Dirjen Minerba, Kementerian ESDM dan Dirut PT Timah untuk membangun ekosistem pertimahan nasional dengan melakukan perbaikan tata kelola dan tata niaga secara holistik dari hulu hingga hilir," kata Sugeng membacakan poin penting kesimpulan rapat, seperti dikutip Selasa, 22 Juni 2022.

Selain itu, kata Sugeng, Komisi VII DPR juga mendesak Dirut PT Timah untuk melakukan konsolidasi internal dalam menata kegiatan pertambangan ilegal yang berada di wilayah izin usaha pertambangan (IUP) timah.

Sebab, lanjutnya, pengawasan dan penegakan hukum jadi keniscayaan untuk dilakukan bersama aparat penegak hukum.

Lebih lanjut, Dirjen Minerba Kementerian ESDM juga diserukan agar mengkaji kembali penghentian ekspor logam timah yang selama ini diberlakukan.

Pada sisi lain, investasi untuk hilirisasi logam timah di dalam negeri perlu ditingkatkan dengan menyusun regulasi yang mendukung hilirisasi dalam bentuk industrialisasi.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya