News Senin, 10 April 2023 | 17:04

DPR Minta Pemerintah Antisipasi Lonjakan Inflasi di Bulan Ramadan dan Idul Fitri

Lihat Foto DPR Minta Pemerintah Antisipasi Lonjakan Inflasi di Bulan Ramadan dan Idul Fitri Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Anis Byarwati. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Komisi XI DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Semarang, Jawa Tengah pada Kamis, 6 April 2023. Kunjungan kerja ini dilakukan dalam rangka memantau inflasi yang sering-kali terjadi pada bulan Ramadan terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri

Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Anis Byarwati mengingatkan bahwa tingginya kebutuhan pasar dan terbatasnya suplai yang menyebabkan inflasi, merupakan peristiwa yang terjadi berulang kali setiap tahun.

"Karena inflasi ini terjadi setiap tahun pada bulan Ramadhan menjelang Idul Fitri, harusnya kita sudah bisa memprediksi dan melakukan antisipasi. Sehingga ketika Idul Fitri dan hari-hari besar lainnya, tidak terjadi lonjakan kenaikan harga," kata Anis seperti mengutip keterangannya, Senin, 10 April 2023.

Ketua DPP PKS Bidang Ekonomi dan Keuangan ini juga mengungkapkan upaya yang telah dilakukan pemerintah dengan adanya gerakan nasional pengendalian inflasi. Namun upaya ini tidak berjalan mulus.

Ia berpandangan, inflasi tidak bisa dihindari termasuk di Jawa Tengah. Anis menyebut, suplai yang rendah sesungguhnya bisa diantisipasi jauh-jauh hari.

"Bisa diprediksi kebutuhannya sebelum Ramadhan tiba," ujarnya.

Wakil ketua Badan Akuntabilitas dan Keuangan Negara (BAKN) DPR RI menjelaskan ketersediaan bahan pangan yang mencukupi kebutuhan rakyat di bulan Ramadhan dan Idul Fitri seharusnya tidak menyebabkan harga menjadi naik.

Politisi senior PKS ini meyakini bahwa jika dilakukan persiapan lebih awal dan pemerintah mampu menahan laju inflasi, maka hal tersebut akan menjadi catatan sejarah tersendiri.

"Ketika kita sudah prediksi dalam satu tahun akan ada gejolak yang tinggi dan siklusnya sudah berulang, kita jaga terus sehingga akan menjadi sejarah bahwa Lebaran tahun ini tidak ada inflasi. Ibu-ibu bisa tenang dan pasokan cukup sehingga tidak terjadi sesuatu yang membuat masyarakat menjadi menjerit," tuturnya.

"Ini tantangan bagi pemerintah untuk melakukan intervensi yang mampu membuat momen Ramadhan dan Idul Fitri di tahun-tahun berikutnya tidak terjadi lonjakan inflasi yang tinggi," ucap Anis menambahkan.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya