News Senin, 30 Mei 2022 | 17:05

DPR RI Dukung Pembukaan Fakultas Kedokteran Universitas Balikpapan: Kami Siap Mengawal

Lihat Foto DPR RI Dukung Pembukaan Fakultas Kedokteran Universitas Balikpapan: Kami Siap Mengawal Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda. (Foto:Istimewa)

Jakarta - Universitas Balikpapan dalam waktu dekat akan membuka program studi barunya, yaitu Fakultas Kedokteran yang saat ini masih dalam proses pendirian dan perizinan di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti).

Menanggapi hal ini, Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mendukung pembukaan Fakultas Kedokteran Universitas Balikpapan. Dia mengatakan usulan tersebut sudah diterima Komisi X dan akan ditindaklanjuti.

Dalam pertemuan dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI), Forum Pimpinan Yayasan dan Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta Papua dan Papua Barat serta Rektor Uniba melaporkan proses pendirian Fakultas Kedokteran dan juga memohon dukungan agar Fakultas Kedokteran di Universitas Balikpapan ini segera terbit perizinannya.

"Tentu saya mendukung dengan dibukanya Fakultas Kedokteran di Uniba (Universitas Balikpapan) ini. Dengan demikian Fakultas Kedokteran di Balikpapan akan semakin bertambah," ujar Syaiful di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 30 Mei 2022.

Politisi fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyampaikan, dengan adanya Fakultas Kedokteran di Universitas Balikpapan akan menambah kuota bagi mahasiswa baru.

"Fakultas Kedokteran ini sangat banyak peminatnya. Namun sayang, selama ini di Kaltim Fakultas Kedokteran cuma ada satu, itupun kuota mahasiswanya dibatasi. Saya harap dengan dibukanya Fakultas baru akan menambah lulusan kedokteran dari Balikpapan," ujarnya.

Dia juga berharap dan siap mendukung agar Fakultas Kedokteran di Universitas Balikpapan ini segera terbit perizinannya. Agar para lulusan SMA yang ingin kuliah di Fakultas Kedokteran tidak perlu jauh jauh lagi untuk kuliah di luar Kaltim.

"Mudah-mudahan izinnya segera terbit. Kami siap mengawal dan berikan dukungan penuh," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Rektor Universitas Balikpapan Isradi Zainal mengungkapkan bahwa pihaknya sudah menjalani proses dan sudah mempersiapkan segala persyaratan, meskipun terkendala oleh moratorium Fakultas Kedokteran di seluruh Indonesia.

Di mana Fakultas Kedokteran itu ini sudah lama menjalani proses dan sudah mempersiapkan segala persyaratan dan melalui banyak konsultasi dari beberapa pihak.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya