News Kamis, 14 April 2022 | 16:04

DPR Tegaskan Tak Ada Regulasi Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Daerah

Lihat Foto DPR Tegaskan Tak Ada Regulasi Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Daerah Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus.(Foto:Opsi/Istimewa)

Jakarta - Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus mempertanyakan dasar gugatan yang dilakukan para pihak tertentu ke Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap perpanjangan masa jabatan kepala daerah.

Guspardi menuturkan, tak ada regulasi atau undang-undang (UU) yang mengatur tentang perpanjangan masa jabatan kepala daerah. 

Kemudian, lanjutnya, ada pula UU yang mengatur mekanisme tentang pengisian kekosongan masa jabatan kepala daerah, baik Bupati/Wali Kota dan Gubernur yang masa tugasnya berakhir.

"Masa jabatan kepala daerah bukan soal keinginan pribadi melainkan harus mengacu kepada peraturan yang berlaku. Peraturan yang ada sejauh ini hanya mengatur soal pembatasan masa jabatan kepala daerah dan tidak ada norma hukum yang mengatur perpanjangan masa jabatan Kepala Daerah. Nah, jika kepala daerah melakukan perpanjangan masa jabatan, maka hal itu akan melanggar alias menabrak UU yang berlaku," kata Guspardi di Jakarta, Kamis, 14 April 2022.

Dia menjelaskan, masa jabatan kepala daerah diatur dalam Pasal 162 UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemerintah Daerah.

Manakala masa jabatan Kepala Daerah (Bupati/Wali Kota dan Gubernur) berakhir dan terjadi kekosongan, maka pemerintah diberi kewenangan untuk menunjuk ASN untuk mengisi kekosongan jabatan itu sampai dengan terpilihnya kepala daerah melalui pemilihan serentak nasional pada tahun 2024.

"Kepala daerah yang habis masa jabatannya bisa menjabat lagi namun harus mengikuti dan terpilih pada Pilkada selanjutnya. Jadi, bukan diusulkan atau didasarkan keinginan pribadi dan aspirasi masyarakat," ujarnya.

Meski begitu, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut mempersilakan warga mengajukan uji materi jika menilai ada UU yang bertentangan.

"Jadi artinya mekanisme yang berkaitan dengan pejabat kepala daerah yang akan ditunjuk mengisi kekosongan jabatan itu apakah bertentangan dengan UU yang lebih tinggi atau gimana. Kalau bertentangan silakan saja masyarakat melakukan uji materi terhadap UU yang mengatur tentang hal itu," ucap Guspardi.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya